Mantan Diplomat Inggris Kunjungan Muhammadiyah

Tamu AsingJakarta–Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. DR. Din Syamsuddin, Jumat (13/9)dikunjungi para mantan diplomat dan intelektual dari Negara Inggris. Para mantan diplomatyang tertarik terhadap isu-isu Asia Tenggara dantergabung dalam kelompok bernama Anglo Indonesian Society menemui Din di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya 62, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, Din berkesempatan mengenalkan lebih dekat tentang organisasi Muhammadiyah, khususnya dalam lingkup demokrasi.

 

“Responnya sangat positif, mereka menganggap organisasi Muhammadiyah sebagai masyarakat madani dan berkebudayaan yang telah mendorong demokratisasi di indonesia,” kata Din.

Charles Humphrey selaku pimpinan rombongan Anglo Indonesia Society dan juga mantan Duta Besar Inggris untuk Indonesia juga sangat terhormat bisa berkunjung ke Gedung PP Muhammadiyah. Pertemuan Charles Humphrey dengan Din tercatat bukan yang pertama. Keduanya juga pernah bertemu saat bertanding sepak bolabeberapa tahun lalu. Saat itu Muhammadiyah kalah dengan skor 2-1.

Kunjungan Anglo Indonesian Society ternyata membuat Din sedikit terharu, ketika mendengar pengakuan para mantan diplomat tersebut. Khususnya ketikarombongan hendak meninggalkan Gedung Muhammadiyah, nyaris semua peserta rombongan mengakuibahwa Muhammadiyah memang organisasi yang membanggakan.

“Orang luar tidak mengenal basa-basi, saat hendak meninggalkan gedung mereka mengatakan Amazing,” ujar Din.

Rombongan berjumlah 20 orang ini menurut rencanajuga akan mengujungi beberapa tempat, di antaranya Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan juga kantor-kantor pemerintahan. (CR-1/mst/muhammadiyah.or.id)