(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Belanda Bangun Jaringan Pengisian Ulang Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Belanda Bangun Jaringan Pengisian Ulang Mobil Listrik Terbesar di Dunia

1184Belanda akan menjadi negara pertama yang menggunakan jaringan stasiun pengisian mobil listrik terbesar di dunia di akhir tahun 2015. Jaringan ini akan menempatkan setiap stasiun isi ulang sejauh 50 kilometer, jarak minimum rata-rata yang bisa ditempuh oleh mobil listrik.

ABB dan Fastned adalah dua perusahaan di balik mega proyek tersebut. ABB menyediakan ABB Terra, sebuah teknologi charger multi standard yang diklaim mampu mengisi ulang dalam waktu 15-30 menit. Sementara Fastned menyediakan stasiun yang ditutup dengan kanopi tenaga surya. 

Jaringan ini mengikuti tren jaringan komputer yang ada saat ini, cloud network. Dengan sistem cloud, maka berbagai kemudahan bisa ditawarkan, antara lain kemudahan untuk melakukan pembayaran, manajemen dan layanan jarak jauh, dan pelacakan data beserta statistiknya.

Pemakaian kanopi tenaga surya tersebut bertujuan untuk mengurangi beban puncak pada jaringan listrik dan sekaligus menyediakan sebagian daya untuk mengisi ulang baterai mobil listrik. (planethijau.com/ humasristek)