Setelah Tim Medis, Muhammadiyah Berangkatkan Tim Psikososial ke Pengungsian Aceh

aceh250Aceh Tengah– Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center atau Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah kemarin telah memberangkatkan tim psikososial ke wilayah pengungsian di Aceh Tengah. Pengiriman tim tersebut merupakan bagian dari penguatan Posko Muhammadiyah yang sebelumnya telah memberikan pelayanan kesehatan melalui tim kesehatan yang dikirim dari RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Demikian yang terungkap dalam Situation Report(Sitrep) atau Laporan Situasi yang dikirimkan ke redaksi Website Muhammadiyah siang ini, Sabtu (20/07/2013). Dalam laporan tersebut, tim psikososial mulai hari ini akan berkoordinasi dengan Muhammadiyah Propinsi Aceh untuk memberikan berbagai kebutuhan pengungsi pasca gempa 2 Juli 2013 lalu. Diantara kebutuhan yang harus diberikan pada pengungsi antara lain adalah family kit, kebutuhan nutrisi anak, peralatan tulis bagi anak, dan hygiene kit yang memang jadi dasar kebutuhan para pengungsi.   Menurut sekeretaris MDMC Arif Nurkholis yang langsung berada di Aceh Tengah menerangkan, kegiatan tim psikososial nantinya akan di kerjakan secara bersama-sama oleh  Muhammadiyah Acehdengan jaringananya,baik Ortom Muhammadiyah maupun amal usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Arif menambahkan, Tim Psikososial nanti berfungsi untuk memberikan semangat terutama pada anak-anak di pengungsian Aceh, karena lamanya waktu dalam pengungsian sedikit banyak akan mempengaruhi mental anak-anak dalam beraktivitas. “Anak-anak merupakan tumpuan harapan bangsa ini di masa depan, maka dengan terus memberikan semangat agar dapat terus beraktifitas dan belajar diharapkan dapat menjaga mental mereka untuk semangat menggapai cita-cita,” terangnya. (mac/muhammadiyah.or.id)