MPM PP Muhammadiyah Geber Kegiatan Pemberdayaan di Bulan Ramadhan

mpm20Yogyakarta- Selama Rakyat Menderita Tidak Ada Kata Istirahat, demikian slogan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang tertempel besar di ruang penerimaan tamu kantor MPM di Gedung PP Muhammadiyah Jl. KHA Dahlan No.103 Yogyakarta. Menurut sekretaris MPM PP Muhammadiyah Bachtiar Dwi Kurniawan, dalam bulan Ramadhan ini justru kegiatan pemberdayaan petani MPM digeber di beberapa kota di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Bachtiar saat ditemui redaksi website Muhammadiyah di ruang MPM PP Muhammadiyah, Sabtu (20/07/2013). “Kita tidak berhenti atau bahkan mengurangi frekuensi, tetapi justru menambah agenda pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari barat sampai timur,” tegasnya. Bachtiar yang juga dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini menambahkan, sejak mulai memasuki Ramadhan kemarin, MPM telah melakukan berbagai aktivitas pemberdayaan, terutama di Tulung Klaten Jawa tengah, dan Ponorogo Jawa Timur, dengan memberikan pelatihan pertanian terpadu ditambah dengan perikanan bagi masyarakat tani di sekitar.

Lebih lanjut menurut mantan ketua PP IPM ini, hari ini 20 Juli 2013, diadakan panen padi sawah yang kerjasama dengan Batan dengan varietas Sidenuk di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ketua MPM PP Muhammadiyah Said Tuhuleley, dan wakil ketua Ahmad Ma’ruf menghadiri panen tersebut mendampingi ketua PP Muhammadiyah. “Saya rencananya lusa bersama tim MPM PP Muhammadiyah lainnya akan berangkat ke Bangka Belitung untuk menindaklajuti kerjasama dengan KKN UGM untuk memberi pembinaan pada petani mengenai perkebunan Lada, Sawit, dan Karet,” jelasnya. Gus Bach panggilan akrab Bachtiar mengungkapkan, Ramadhan ini tidak mengendurkan semangat untuk berbuat sesuatu pada orang miskin, justru menambah semangat kita untuk semakin menggeber aktivitas. (mac/muhammadiyah.or.id)