UMRI – RAPP Jalin Silaturahmi

umri-mediaPekanbaru (RC)- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) buka puasa bersama dengan managemen Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Selasa (16/7). Buka puasa yang diikuti seluruh civitas akademika UMRI ini, termasuk dalam rangkaian kegiatan pembinaan ibadah dan kajian Islam intensif yang ditaja Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) UMRI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Penyantun UMRI, Saleh Djasit, Rektor UMRI, M Diah, Sekretaris Badan Harian Pelaksana UMRI, Safriyus, Bendahara Badan Harian Pelaksana UMRI, Abu Nawas, maupun para dosen dan karyawan UMRI. Sedangkan rombongan dari managemen RAPP dipimpin oleh Farunnas. Sementara tampil memberikan tausiah, Ustad Zulfadli.

Ketua LSIK UMRI, Elviandri, kegiatan ini selain memupuk jalinan silaturahmi antara sesama civitas akademi UMRI bersama managemen RAPP, pihaknya juga ingin lebih mengintensifkan kajian Islam kepada para dosen maupun karyawan UMRI. Karena sebagai warga lingkungan Muhammadiyah, mereka harus memahami visi dari Muhammadiyah maupun UMRI itu sendiri.

“Jadi, lewat kegiatan pembinaan ibadah dan kajian Islam intensif yang dibarengi buka puasa bersama ini, kita harapkan warga lingkungan UMRI dapat lebih meningkatkan pemahamannya tentang Islam. Kita berharap mereka minimal dapat menjadi ‘panutan’ dalam bidang keagamaan ditempat tinggalnya masing-masing,” ungkap Elviandri.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan, mulai dari materi kajian Islam, praktek menyelenggarakan jenazah, shalat berjamaah, dan buka puasa bersama serta ditutup Shalat Magrib. Dengan kehadiran RAPP dalam buka bersama ini, kita harapkan lewat program CSR-nya, khususnya dibidang peningkatan SDM, mereka memberikan beasiswa kepada para dosen maupun mahasiswa UMRI. Tak hanya itu, kita juga harapkan adanya jalinan kerjasama terkait magang mahasiswa kita di RAPP,ungkapnya.

Sementara, Rektor UMRI, M Diah, memberi apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan LSIK UMRI ini. Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini dapat membangun masyarakat, terutama warga lingkungan UMRI, benar-benar Islam. Sebab agama bukan hanya sebatas ritual saja, namun benar-benar tercermin dari tingkah laku keseharian.

Terkait dengan buka puasa bersama ini, M Diah berharap, agar RAPP lebih memperhatikan keberadaan UMRI. “Kita baru berdiri lima tahun terakhir ini, dan kita harapkan RAPP juga dapat memberikan kontribusinya lewat program CSR dibidang pendidikan, seperi beasiswa maupun tempat magang mahasiswa kita,” sebutnya.

Sedangkan Pimpinan Rombongan Managemen RAPP, Farunnas, mengatakan, buka puasa bersama di UMRI ini merupakan rangkaian dari program kampus relations RAPP. Program ini dengan mengunjungi lima kampus besar di Pekanbaru, termasuk salah satunya kampus UMRI. “Untuk kampus UMRI ini, merupakan kegiatan kedua kalinya bagi kita melaksanakan buka puasa bersama, dimana tujuannya untuk lebih memupuk jalinan tali silaturahmi,” ucapnya. (SIMS)