(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Menristek dan Menhan Luncurkan Hakteknas ke-18

Menristek dan Menhan Luncurkan Hakteknas ke-18

hakteknas-18Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), Kementerian Riset dan Teknologi menggelar Launching Hakteknas 18 dengan mengangkat tema “Inovasi untuk Kemajuan Bangsa”.

Launching atau peluncuran ini menandai dimulainya berbagai kegiatan peringatan Hakteknas ke-18 yang jatuh pada 10 Agustus 2013. Acara peluncuran yang dilaksanakan pada Senin, 24 Juni 2013 di Loby Gedung II BPPT ini dihadiri Menristek, Gusti Muhammad Hatta dan Menteri Pertahanan, PurnomoYusgiantoro. 
  
Pada peluncuran ini kedua Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II juga melaunching berbagai produk inovasi karya anak bangsa seperti Satelit LAPAN A2 dan Roket RX-450 dari LAPAN, card Reader dan Perisalah BPPT, Rantis Komodo 4×4, Sniper Rifle dan Cloud Seeding Agent Club dari PT PINDAD, Combat Management System (CMS), Tactical Daya Link Solution (LEnLINK), dan Radar Processing and Display Console dari PT LEN, Dayaprime Pentolite Booster dari PT Dahana, KSW500 Steel Plate atau baja tahan peluru dari PT Krakatau Steel serta Hexarotor dan Flying Car dari ITB. 
  
“Kita semua akan menunjukkan apa yang telah dilakukan selama setahun terakhir ini dalam rangka ikut mendorong kemajuan iptek di Indonesia dan menjadikannya sebagai aktor pembangunan bangsa,“ ujar Menristek dalam sambutannya. 
  
Lebih lanjut Menristek mengatakan upaya menampilkan iptek sebagai pembangunan bangsa sangat penting untuk mengembangkan tumbuhnya budaya iptek dalam masyarakat, karena semua yakin bahwa hanya dengan iptek sajalah kesejahteraan bangsa ini pada masa mendatang dapat dipastikan. 
  
Berbagai produk juga dipamerkan dalam acara ini seperti Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) dalam tiga varian, yaitu Wulung, Alap-Alap dan Sriti dari BPPT, serta UAV LSU 02 dan Roket R-HAN 122 dari LAPAN. PT Dirgantara Indonesia menampilkan beberapa maket pesawat, diantaranya N212, N235, N295 dan N219. Sedangkan Kementerian Pertahanan juga menampilkan beberapa model kapal angkut tank, kapal cepat rudal dan kendaraan taktis Jenis Komodo. 
  
Dalam kesempatan ini Menristek didampingi Menhan berkesempatan menyaksikan demo Heksarotor oleh tim dari ITB, selanjutnya kedua Menteri menaiki Rantis Komodo PT PINDAD mengelilingi halaman depan gedung BPPT sekitar 5 menit. 
  
Kesemarakan perayaan peringatan Hakteknas menjadi salah satu tanda bahwa bangsa Indonesia telah menyadari pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai satu-satunya lokomotif bagi kemajuan bangsa pada masa mendatang. Oleh karena itu, keikutsertaan semua elemen bangsa sangat berarti dalam menunjukkan kembalinya seluruh bangsa Indonesia untuk menyerahkan masa depannya pada kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. (humasristek)