(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Bagi Pavegen System Setiap Langkah Kaki Adalah Energi Listrik

Bagi Pavegen System Setiap Langkah Kaki Adalah Energi Listrik

1122Setiap langkah kita membutuhkan energi. Jika kita menginterpretasikan hukum kekekalan energi maka dapat diambil kesimpulan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya berubah bentuk. Artinya energi yang dikeluarkan untuk setiap langkah kaki yang adalah energi kinetik bisa diubah menjadi energi listrik. 

Hal itu dimanfaatkan sekaligus dibuktikan oleh sebuah perusahaan asal London – Inggris, Pavegen System. Teknologi yang dikembangkan Pavegen System dipasang pertama kali di London 2012 Olympic Games. Semua pengunjung tidak tahu bahwa mereka sedang menyumbang energi pada event tersebut. 
 
Selanjutnya di tahun 2013, pada event paris Marathon, perusahaan tersebut memasang 176 buah teknologinya di jalanan, dimana ribuan orang berlari melintasinya. 4,7 kWh berhasil dibangkitkan pada event itu. 
 
Apa sebenarnya teknologi yang dimiliki Pavegen System? Teknologi yang dikembangkan Pavegen System sebenarnya adalah ubin yang mampu mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Teknologi yang masih sejalan dengan teknologi yang dikembangkan Pavegen System juga dikembangkan oleh Onyx System dan Solar Roadway. 
 
Pavegen membuat ubinnya dari 90% bahan karet ban bekas daur ulang. Dengan proses yang dikembangkannya, ubin seberat 28kg dengan dimensi 60cm x 45cm x 8,2cm tersebut bisa menghasilkan hingga 7 Watt listrik jika mendapatkan tekanan yang bisa melenturkan karet sejauh 5 milimeter. (planethijau.com/ humasristek)