Ust. Syafrudin : Rumah Tangga adalah Gerbang Utama Kebahagiaan

wirid-mei-2013-peserta

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) kembali melaksanakan wirid (pengajian) rutin bulanan bertempat 

di Aula (auditorium) Lantai III Kampus I UMRI, Jl. KH Ahmad Dahlan 88, Sukajadi, Pekanbaru, Riau. Padawirid bulan Mei 2013 kali ini dilaksanakan pada Jumat, tanggal 31 Mei 2013 dengan tema : Kehidupan Dalam Keluarga.Seperti biasa, wirid dibuka oleh Pengurus Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) UMRI, Elviandri,S.HI,M.Hum. Tampil sebagai penceramah dalam wirid kali ini adalah Ust. Drs. Syafrudin Shaleh,MA.

 

Dalam pengantar wiridnya, Ust. Syafrudin menyampaikan bahwa salah satu diantara kebahagiaan yang tidak bisa dinilai dengan materi adalah kebahagiaan hidup dalam keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah. Sehingga ada ungkapan seorang penasehat perkawinan : “Andaikan di dunia ada surga, surga itu adalah perkawinan yang bahagia. Andaikan di dunia ada neraka, neraka itu adalah perkawinan yang gagal”.

Ust. Syafrudin berulang kali menghimbau para jamaah UMRI khususnya dan ummat Islam umumnya untuk senantiasa membina keluarga sakinah. “Dalam sebuah perkawinan, perempuan tidak dilarang mencari rezeki. Perbedaannya dengan laki-laki, uang yang dicari suami itu, anak dan istri berhak menggunakannya. Sedangkan jika uang yang dicari istri, anak dan suami tidak berhak sedikitpun untuk menggunakannya”, tegas beliau.

wirid-mei-2013Pada bagian akhir wirid, Ust. Syafrudin menyampaikan kesimpulan bahwa rumah tangga menjadi gerbang utama kebahagiaan dunia dan akhirat. Rumah tangga harus dijaga oleh anggota keluarga, baik suami sebagai kepala rumah tangga, istri dan anak-anak sebagai anggota keluarga. Suami sebagai kepala rumah tangga memiliki kewajiban untuk menuntun, membina dan mengarahkan anggota keluarga menjadi orang-orang shaleh sehingga terwujudlah keluarga sakinah, mawaddah warahmah seperti yang dicita-citakan ummat Islam. (Hasan-Heru)

 

 

 

Blog Attachment