MPI Kembangkan Proses Database Persyarikatan Muhammadiyah

Pelat130Yogyakarta – Sebagai tindak lanjut Rapat Kerja Program Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah pada (7/4/2013),  saat ini MPI langsung gerak cepat untuk mendesain sistem pen-database-an Persyarikatan. 

Rencananya database yang akan disusun ini dapat menggambarkan profil dan potensi Persyarikatan mulai dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang hingga Pimpinan Ranting Muhamamdiyah.  Selain itu juga akan mendata seluruh potensi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mulai dari bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial, hingga bidang Ekonomi.

 

Sebagai langkah awal, saat sudah dibagi beberapa tim, yaitu tim yang bertugas mengembangkan sistem entry data online, tim pencari data, tim pengolah data dan juga tim peng-entry data.  Untuk kegiatan ini beberapa programmer yang ada dari UMM, UAD, UMY dan beberapa PTM lain sudah bekerja intens di bawah kendali langsung salah seorang anggota MPI, Suyatno dari UMM. Sedangkan pencari dan pengolah data sedang ditangani oleh beberapa  anggota MPI, antara lain: Muhammad Faqih Asyikin, Afan Kurniawan, Iwan Setiawan, H. Purwana, dan staf kesekretariatan PP Muhamamdiyah (Rizky Taruna, Adhim, dan lain-lain).  Selain itu juga melibatkan beberapa mahasiswa UAD yang sedang Kuliah Kerja Nyata dan beberapa siswa SMK yang sedang Praktek Kerja.

MPI PP muhammadiyah sudah menargetkan bahwa sistem pendataan dan koleksi data secara online sudah didapat di-update oleh masing-masing PWM, PDM dan lain-lain mulai bulan Mei 2013.  “Sistem database online ini nanti akan ditempatkan di website masing-masing PWM dan PDM, sehingga mereka dapat meng-update setiap saat sesuai kondisi faktual yang ada di daerah”, jelas DR. Muchlas, MT, Ketua MPI PP Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)