M.Diah: UMRI dan Mahasiswa Harus Mandiri Dengan Berwirausaha

P1540726Riauterkini-PEKANBARU- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika, Biologi dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammaddyah Riau (UMRI) menggelar Seminar Kewirausahaan, Selasa (9/3/13) pagi.

Seminar yang mengambil tema “Menciptakan Generasi Muda yang Berjiwa Wirausaha untuk Menjawab Tantangan Global Kehidupan” ini menampilkan pembicara dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau serta pelaku usaha atau pengusaha.

Pemateri seminar ini antara lain Muhammad Herwan (Direktur Eksekutif Kadin Riau) Syahrial Tanjung (owner PT Bintang Niaga), Irma Hafidah Rahman (Ketua IWAPI Riau/owner PT Sinar Riau) dan Siswo Pranoto MT (Ketua Asosiasi Logam Indonesia Riau).

Dalam paparannya, Muhammad Herwan menjelaskan fungsi Kadin yang merupakan wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultansi, fasilitasi dan advokasi ketiga pelaku ekonomi yakni koperasi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta swasta.

“Kadin juga sebagai pencipta iklim usaha Bersih Transparan dan Profesional (BTP) dan sebagai penyinergi seluruh potensi ekonomi nasional,” ungkapnya.

Saat ini, imbuh Herwan, angka pengangguran secara nasional cukup tinggi mencapai 9,43 juta (8,46 persen). Salah satu penyebabnya lulusan perguruan tinggi tidak menyiapkan diri sebagai entrepreneur atau wiraswasta.***(son)