Sabet Juara III Lomba Wirausaha

PEKANBARU, TRIBUN – Sosok rising star kali ini adalah Eko Sunadi dan Dolly Ichsan. Keduanya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Eko dan Dolly sama-sama aktif dalam organisasi dalam dan luar kampus.

Eko pernah menjabat sebagai gubernur mahasiswa fakultas Ekonomi UMRI periode 2010-2011. Sedangkan Dolly merupakan kepala bidang budaya, olahraga BEM Fakultas Komunikasi UMRI 2012-2013. Ia juga pernah menjabat sebagai kepala bidang teather UMRI 2012. Selain aktif di kampus mereka juga aktif dalam organisasi lain, yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Riau.

Pada 2011, Eko meraih prestasi membanggakan dengan menjadi juara III lomba kewirausahaan yang diselenggarakan oleh kementrian koperasi dan UKM. Untuk meraih penghargaan tersebut, ia harus melewati seleksi yang ketat. Bersama seorang rekan satu tim, sejak dari pekanbaru membawa ide budidaya buah naga merah. Di Jakarta mereka mengikuti karantina bersama dengan peserta lainnya.

Dalam pembuatan proposal bisnis, masing-masing tim peserta dipandu oleh mentor. Kemudian peserta mempresentasikan ide dan perencanaan bisnis mereka tersebut. Eko melalui tahap ini tujuh kali hingga dinyatakan sebagai juara III.

Menurut eko, jiwa wirausaha penting dimiliki oleh mahasiswa. Banyak sarjana ternyata lebih berlomba-lomba untuk menjadi pegawai, padahal peluang bisnis terbuka lebar di depan mata. Padahal jumlah lapangan kerja terbatas. Alhasil, banyak yang menjadi pengangguran.

Sementara itu, dolly merasa bergabung dalam organisasi dan bergaul dengan para aktivis membuat pemikirannya makin terbuka. Berbagai informasi terbaru serta perkembangan indonesia membuka lebar matanya.