Angkat potensi buah naga

ekoIde budidaya buah naga mengantarkan Eko sunadi ke jakarta untuk mengikuti lomba kewirausahaan yang diselenggarakan kementrian koperasi dan Usaha Kecil Menengah 2011. Tak tanggung-tanggung, dalam lomba tahunan untuk mahasiswa se-Indonesia itu dia berhasil mendapat juara III.

 

Buah naga merupakan buah dari tanaman sejenis kaktus yang hidup di daerah tropis. Pekanbaru cocok menjadi daerah tempat budidaya tersebut. Namun Eko melihat, buah naga masih yang banyak beredar di pekanbaru dari jenis daging buah warna putih. Yang berwarna merah masih jarang.

Hal itu bisa menjadi peluang wirausaha dalam mengembangkan buah naga merah atau Super Red. Potensi budidaya tersebut sudah lama terpikirkan.

“Buah naga Super Red punya kandungan gizi yang tinggi. Sering juga dijadikan sebagai obat alternatif. Prospeknya sangat cerah”, katanya.

Ketika Kementrian Koperasi dan UKM menyelenggarakan lomba proposal bisnis, ia dan seorang teman satu kelompok pun mengangkat budidaya buah naga merah untuk tema proposal. Mereka pun terbang ke Jakarta untuk menjalani proses seleksi yang sangat ketat.

Setiap peserta, termasuk tim Eko, mendapatkan mentor yang akan memberi arahan dalam pembuatan proposal tersebut. Rencana bisnin diceritakan secara terperinci mulai dari latar belakang, studi usaha dan pangsa pasar.

Pengalaman tersebut tidak akan terlupakan. Hal lain yang tak kalah menyenangkan baginya adalah bisa bertemu banyak teman. Berbagi pikiran dengan mereka membuat pikiran semakin terbuka lebar dan menyadari pentingnya wirausaha.