(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Lotion Anti Nyamuk Buatan Mahasiswa UNY di Uji di Papua

Lotion Anti Nyamuk Buatan Mahasiswa UNY di Uji di Papua

IMG 2266Dua karya penelitian mahasiswa FMIPA UNY yang membuat lotion anti nyamuk berhasil menarik minat dokter dari batalyon 412 Purworejo untuk mencoba karya penelitian tersebut. Batalyon tersebut akan bertugas di Papua selama beberapa bulan yang daerahnya banyak rawa sehingga banyak nyamuk liar. Penelitian tersebut yaitu pembuatan lotion anti nyamuk dari daun tembelek karya Maisel Priskila sisilia dari Prodi Pendidikan IPA , Dwi Sutanti  dari Pendidikan  IPA, serta Arief Noviartara  dari prodi Kimia. Penelitian lain yaitu pembuatan  lotion anti nyamuk yang memanfaatkan batang tanaman brotowali karya Dwi Prihastuti, Meita Wulan Sari, Bagoes Sadhewo Satria H, dan Nur Fathurahman Ridwan. Lotion yang dibawa untuk bekal bertugas ke Papua oleh Batalyon 412 Purworejo yaitu lotion daari daun tembelek 150 botol, dan lotion dari batang brotowali 125 botol. Penyerahan dilaksanakan di kampus FMIPA UNY baru-baru ini. 
 
Maisel mengatakan, dirinya gembira dan tidak menyangka penelitiannya tersebut mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, terlebih lagi tentara yang akan bertugas di Papua. Walaupun pembuatan lotion anti nyamuknya sudah melewati pengujian, semoga lotion tersebut bisa membantu mengusir nyamuk, karena tentunya nyamuk yang dalam percobaan dengan nyamuk yang akan ditemui di Papua sana tentunya berbeda. 
 
Hal senada dikatakan Meita, semoga lotion anti nyamuk dari batang brotowali buatannya bisa memberikan alternatif bagi para tentara yang bertugas, mengingat jenis nyamuk yang ada di hutan jenisnya yang beragam.   
 
Sementara itu dr. Mohandas, dokter dari batalyon 412 Purworejo mengatakan, untuk persiapan tugas di Papua yang terkenal dengan nyamuk hutannya yang ganas, kami selain persiapan fisik dan mental, juga mempersiapkan peralatan kesehatan seperti lotion anti nyamuk. 
 
“Tadinya kami cari di internet, dan menemukan ada mahasiswa UNY yang membuat lotion anti nyamuk, sehingga kamipun mencoba untuk berkoordinasi dengan pihak fakultas dan mahasiswa yang membuat lotion. Kami ucapkan terimakasih kepada mahasiswa yang telah membantu kami serta pihak universitas,” lanjutnya. (fmipa.uny.ac.id/ humasristek)