Pengembangan Konsep Desa Mitra Melalui Pengalaman Belajar Lapangan Mahasiwa FIKES UHAMKA

n84Jakarta – Pembukaan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL 1) Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. DR.  HAMKA (UHAMKA)Tahun Akademik 2012/2013 berlangsung pada tanggal (11/2/2013) di Kabupaten Cianjur. Acara pembukaan  dilakukan oleh Wakil Bupati Kabupaten Cianjur dr. H. Suranto, MM, dengan dihadiri oleh Kabid Advokasi dan Kemitraan Promosi Kemenkes RI, Kapolsek Kecamatan Karang Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Kepala Puskesmas Karang Tengah dan Ciherang, Camat Karang Tengah, para kepala desa di wilayah Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat, Dekan Fikes UHAMKA, Dr. Hj. Emma Rachmawati, M.Kes beserta para dosen FIKES UHAMKA.

PBL I tahun ini dilakukan selama satu bulan (10/2 sampai dengan 11/03/2013), diikuti oleh 75 mahasiswa dengan dibimbing oleh 13 dosen Prodi Kesmas, yang tersebar di 8 (delapan) Desa di Kecamatan Karang Tengah.

Tujuan PBL I ini adalah terbentuknya pemahaman yang utuh dalam diri mahasiswa tentang berbagai masalah kesehatan masyarakat serta alternatif solusinya, dan memberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kompetensi diri mereka dalam menerapkan ilmu kesehatan masyarakat yang diperoleh selama kuliah, secara langsung di wilayah desa terkait serta institusi kesehatan masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Dengan kegiatan PBL 1 diharapkan para mahasiswa dapat membantu program promosi kesehatanKementrian Kesehatan RI  khususnyadalam penyampaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pencegahan penyakit HIV/AIDS dan menurunkan gizi buruk di wilayah Kecamatan Karang Tengah, demikian pesan yang disampaikan DR Nana Mulyana, M.Kes.yang mewakili Promosi Kesehatan Kemenkes RI.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Cianjur menyampaikan bahwa  mahasiswa harus mampu menjadi agen perubahan dalam bidang -bidang tertentu yang nantinya akan dibutuhkanuntuk membangun suatu daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat. Begitupun dunia kesehatan sangat membutuhkan peran serta mahasiswa kesehatan untuk menjadi pelopor dan pelangsung visi dan misi pemerintah. Pengalaman Belajar Lapangan sangat penting untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa sehingga mampu melakukan riset kesehatan, melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat dengan kemampuan beradaptasi dan memahami kultur masyarakatnya. Serta diharapkan para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman baru seputar kesehatan di Kabupaten Cianjur dan berhasil mengaplikasikan ilmunya dengan kemampuan beradaptasi, bersosialisasi dan yang paling penting adalah mampu melakukan riset kesehatan dan pemetaan untuk menganggulangi masalah kesehatan sehingga akan membantu juga program pemerintah yaitu meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang bermutu untuk masyarakat Cianjur.

Ditambahkan pula olehdr. H . Suranto, MM selaku Wakil Bupati Kabupaten Cianjur agar mahasiswa juga membantu kesehatan masyarakat dalam hal pencegahan penyakit, kesehatan lingkungan dan mencegah terjadinya gizi buruk pada bayi dan balita.

PBL 1 ini juga diharapkan menjadi awal pengembangan konsep Desa Mitra dari Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan UHAMKA, yang mengintegrasikan program-program kegiatan mahasiswa dan dosen di desa binaan ke dalam bentuk penelitian, pengabdian masyarakatdanAl Islam Kemuhammadiyahan (AIKA) yang berkelanjutan (multi years).*** (istinurr/BKHP UHAMKA/muhammadiyah.or.id)