Kembangkan Hobi Desain

umri-mediaPengalaman berkecimpung di dunia desain cukup menjadi bekal bagi Ahmad Sajuli untuk menjadi juara III dalam kompetisi blog Student Vaganza Januari lalu. “Saya belum pernah ikutan lomba blog sebelum ini. Pengetahuan tentang blog diperoleh secara otodidak sejak SMK dan akhirnya lebih mendalami desain,” katanya.

Ahmad akrab dengan komputer dan internet saat menjadi pelajar SMK bidang Teknik Informatika . Ia rajin buka-buka situs yang berhubungan dengan ilmu. Saat berselancar di dunia maya tersebut, situs-situs menarik sering dikunjungi, yang merupakan blog.

Hal itu membuatnya penasaran, rupanya setiap orang bisa punya laman yang dikelola sendiri di internet. Konten pun sesuai kehendak. Tertarik dengan blog tersebut mendorongnya makin sering menggali informasi dari buku-buku dan internet untuk mengetahuni lebih dalam bagaimana cara membuatnya.

Ternyata tidak susah untuk membuat sebuah blog. Lagipula, mengisinya lebih mengasyikan dibanding diari dan bisa dibaca orang banyak. Selain itu memberinya kesempatan untuk mengembangkan hobi desain. Ia bebas memilih tampilan seperti apa yang ia inginkan pada laman tersebut.

Sejak SMK hingga saat ini, sudah beberapa blog ia buat dan yang terus ia kelola sampai sekarang sebanyak 3 blog. Yang pertama menyangkut hobi dan desainnya dan sudah dibuatkan ke dalam domain sendiri, yaitu plagiart.com. kedua tentang usaha, dan yang ketiga blog media kampus.

Hobi pemuda kelahiran muara basung ini pada internet bermula suka memainkan game. Selanjutnya browsing internet menjadi kegiatan sehari-hari. Ahmad yang sejak lama gemar menggambar pun merasa mendapat wadah baru untuk menuangkan kreasinya mendesain gambar di dunia maya.

Lagi-lagi ia mendalami desain secara otodidak, sama seperti membuat blog. Program-program menyangkut desain seperti Photoshop, Corel Draw dan lainnya sering ia utak-atik. Kemampuan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau ini dalam bidang blog dan desain makin meningkat setelah kuliah. Tak heran jika dosen sering mempercayainya menjadi asisten dalam mengajarkan blog maupun desain lewat komputer.

Demi mengembangkan kreatifitas dibidang desain, dalam beberapa lomba desain poster maupun logo dia turut berpartisipasi. Bahkan menjadi juara II desain poster seleksi mahasiswa indonesia. Di SMK juga pernah meraih pemenang lomba mading. (art)