(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Mahasiswa FT UNY Kembangkan HP Smartphone Jadi Alat Pemantau

Mahasiswa FT UNY Kembangkan HP Smartphone Jadi Alat Pemantau

smart phoneWahyu Privantoro, Mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta mengubah Handphone Android Smartphone jadi alat pemantau yang diberi nama Mobile Robot Pemantau. Robot pemantau benda mencurigakan ini memanfaatkanAndroid Smartphone sebagai IP Webcam dengan komunikasi bluetooth dan Wi-Fi berbasis mikrokontroler ATmega8.

Wahyu memanfaatkan perangkat smartphone Android yang saat ini hampir semua orang punya sebagai perangkat telekomunikasi. “Handphone semacam ini memiliki kemampuan Wi-Fi thetering sebagai IP Webcam yang kemudian saya hubungkan dengan Wi-Fi laptop operator oleh pengguna sehingga mampu menampilkan audio video secara realtime,” jelas Wahyu.

“Cara kerjanya adalah fitur bluetooth dan Wi-Fi pada laptop ini digunakan untuk mengirimkan perintah pergerakan mobile robot yang kemudian dikirim melalui bluetooth ke modul bluetooth yang ada pada sistem mikrokontroler. Kemudian sistem tersebut akan menampilkan hasil pantuan berupa visual dan dikirim ke laptop melalui komunikasi Wi-Fi dan ditampilkan pada browser yang ada pada laptop,” ungkapnya.

“Dari pengujian yang dilakukan, robot pemantau kreasi saya ini dapat melakukan pengiriman video yang direkam menggunakan kamera smartphone dengan baik. Setelah itu dikirim ke laptop melalui komunikasi Wi-Fi yang menghubungkan laptop dengan smartphone dan ditampilkan melalui browser Mozilla Firefox sebagai output mobile robot pemantau yang realtime,” jelas Wahyu.

Menurut Wahyu, alat ini masih memerlukan beberapa pengembangan. Salah satunya kamera tidak bisa merekam situasi di bawah dan di atas karena posisi kamera tidak dapat bergerak ke atas dan ke bawah serta output video yang masih kurang baik karena spesifikasi kamera Smartphone yang digunakan masih rendah. (uny.ac.id/ humasristek)