Semangat Merah Kejuaraan Tapak Suci di Kebumen

tapak suciKebumen- Mulai dari hari kamis 24 – 26 Januari 2013 berlangsung KEJURDA Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut diselenggarakan di gedung Dakwah Muhammadiyah Kebumen Jl. Indrakila No. 38A Kebumen. Dalam kesempatan pembukaan kegiatan KEJURDA Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Kebumen (24/01/2013), KH. Muh. Abduh Hisyam selaku ketua PDM Kebumen berpesan kepada para atlit untuk “menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding”.

 

Beliau juga memberikan motivasi bahwa pencak silat merupakan jati diri bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Pencak silat adalah bela diri asli Indonesia yang kita harus bangga menjadi bagian darinya. Kegiatan rutin yang tiap tahun diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Tapak Suci Kebumen adalah ajang pertandingan antar pelajar se kabupaten kebumen mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Sebanyak lebih dari 217 atlit terdiri dari tingkat SD/MI 5 sekolah, SMP/MTs 7 sekolah, tingkat SMA/SMK 10 sekolah.

Firman Amri Sahrudin selaku ketua TIM Wasit Juri mengatakan peserta kegiatan ini selalu bertambah setiap tahun, baik jumlah atlit maupun sekolah yang turut berpartisipasi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi agar waktu tidak molor tiap kelas tanding/ kategori dibatasi untuk masing-masing sekolah maksimal hanya boleh mengirimkan 2 atlit. Lebih lanjut Amri menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka persiapan POPDA yang akan diselenggarakan sekitar bulan Maret mendatang.

Pendekar Emi Syafi’i selaku ketua PD Tapak Suci Kebumen berharap kegiatan ini bisa menjadi media silaturrahim antar padepokan atau unit latihan yang ada di masing-masing cabang. Selain itu juga untuk mencari bibit unggul calon atlit-atlit dari Kebumen khususnya & Indonesia pada umumnya. (muhammadiyah.or.id)