Muktamar Setengah Abad Tapak Suci Upaya Peningkatan Konsolidasi Dan Prestasi Perguruan

TS39Yogyakarta – Perguruan Tapak Suci terus menunjukkan kiprah positif di tengah bangsa dan masyarakat. Pun Tapak Suci Kota Balikpapan, banyak kegiatan positif dilakukan, termasuk prestasi yang membanggakan khususnya dalam olahraga beladiri. Tapak Suci sendiri, akan menggelar muktamar yang diagendakan (14-16/12/2012)  mendatang di Dome Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Malang Jawa Timur. 

 

Seperti pantauan redaksi website muhammadiyah.or.id dari Erwin, Pimda Tapak Suci Kota Balikpapan, akan mengikuti kegiatan Muktamar Tapak Suci tersebut. Rombongan dari Balikpapan berangkat ke Malang, tanggal 13 Desember nanti. Ada lima orang yang berangkat.

Sebelum pelaksanaan Muktamar, telah digelar kejuaraan dunia bertajuk Tapak Suci of Brawijaya University International Open 2012 yang dimulai (9-13/12/2012) di Universitas Brawijaya Malang. Kejuaraan dunia diikuti oleh perwakilan Perguruan Tinggi, perwakilan wilayah ada 33 provinsi, perwakilan mancanegara.

Peserta dari mancanegara yang ikut kejuaraan seperti dari Jerman, Mesir, Belanda dan Singapura dan beberapa negara lainnya. Namun, jumlah total peserta yang hadir ada 290 peserta, terdiri dari 55 kontingen dari 3 negara: Madagaskar, Mesir, Usbezkistan. 6 pimwil : Bali, NTB, Kaltim, Jogja, Sulbar, Babel dan 46 perguruan tinggi.

Hasil kejuaraan Tapak Suci of Brawijaya University International Open 2012. Juara umum 1 draih oleh tuan rumah Tapak suci Universitas Brawijaya Malang dengan meraih 4 emas,2 perak,5 perunggu. Juara umum 2 diraih oleh kontingen PIMWIL DIY 4 emas,2 perak,2 perunggu. Juara umum 3 diraih oleh kontingen PIMWIL KALTIM.

Kontingen terbaik oleh kontingen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Pesilat terbaik putra diraih oleh Mursyid kelas A dari UNISMUH Makassar. Pesilat terbaik putri diraih oleh Nurhaidah kelas Dpi dari PIMWIL NTB.

Tema Muktamar Tapak Suci ke XIV adalah “Muktamar Setengah Abad Tapak Suci Sebagai Upaya Peningkatan Konsolidasi Dan Prestasi Perguruan”. Agenda Muktamar sendiri, pada Kamis (13/12) nanti akan diadakan Tanwir Pra-Muktamar, selanjutnya Pembukaan Muktamar digelar Jumat (14/12) di Dome UMM. (dzar/muhammadiyah.or.id)