3 Tim Peneliti UMRI Diundang DIKTI Presentasi Hibah Bersaing Tahun Ke-2

logo-diktiBerdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi Penelitian Desentralisasi ke perguruan tinggi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) periode 2011/2012, Ditjen DIKTI mengundang tiga tim peneliti Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk melakukan

presentasi usulan penelitian tahun kedua yaitu untuk periode 2012/2013. Presentasi tersebut untuk tim dari Riau akan dilaksanakan di Medan pada Rabu hingga Kamis (7-8/11).

 

Adapun ketiga tim peneliti UMRI tersebut adalah : Pertama, Hasanuddin, Ketua Peneliti dari Fakultas Ilmu Komputer dengan judul penelitian “Pengembangan Sistem Web Portal Sekolah Menggunakan Teknologi Multi-Site Untuk mendukung Proses Belajar Mengajar dan Manajemen Sekolah”, Kedua, Jufrizal Syahri, Ketua Peneliti dari Fakultas MIPA dan Kesehatan dengan judul penelitian “Isolasi Senyawa Aktif Anti Bakteri dan Anti Oksidan dari Tumbuhan Langka Meranti Lilin”, dan ketiga, Abrar Ridwan, Ketua Peneliti dari Fakultas Teknik dengan judul penelitian “Rancang Bangun Tungku Biomassa Hemat Energi dan Ramah Lingkungan Pada Tungku Tradisional Masyarakat”.

Ketiga tim peneliti UMRI tersebut pada masa penelitian 2011/2012 yang lalu telah berhasil mendapatkan dana Penelitian Hibah Bersaing (PHB) Ditjen Dikti senilai total Rp. 115.000.000. Dalam proses penelitiannya telah melakukan pelaporan baik dalam bentuk : Laporan Kemajuan Tahap 1, Monitoring dan Evaluasi Internal LPPM UMRI serta Monitoring dan Evaluasi akhir oleh Ditjen DIKTI pada bulan Oktober 2012 yang lalu.

Jufrizal Syahri, salah satu ketua peneliti di sela-sela persiapan memenuhi undangan presentasi menyampaikan bahwa undangan Ditjen Dikti ini merupakan bukti bahwa UMRI telah menghasilkan peneliti-peneliti yang berkualitas dan mampu bersaing tingkat Nasional melihat UMRI sebagai univeritas yang baru berkembang dan berdiri 4 tahun yang lalu. “undangan tersebut juga bukti bahwa peneliti UMRI telah melaksanakan amanah sebaik mungkin sehingga dipercaya untuk melanjutkan penelitian tahun kedua”, lanjut beliau.

Sementara itu ketua peneliti lain, Hasanuddin menyampaikan bahwa beliau sangat bangga atas undangan Ditjen DIKTI tersebut dan ingin melakukan yang terbaik bagi UMRI dalam penelitian tahun kedua jika diberi amanah berikutnya. “Semoga melalui momen ini LPPM UMRI dapat lebih mendukung dan proaktif agar para dosen di lingkungan UMRI dapat berperan aktif dalam penelitian di masa mendatang, baik hibah dosen pemula, fundamental, bersaing maupun hibah institusi serta hibah lainnya. Karena tugas pokok dosen bukan hanya mengajar, tapi meneliti dan mengabdi pada masyarakat”, papar beliau. (Hsn).