Lapisan di atap rumah yang bisa “berkeringat” ketika panas

materialBelum kesampaian mau ngecat atap rumah kami dengan warna putih untuk mengurangi panas di dalam rumah tetapi sudah ada cara baru dengan tujuan yang sama.

Peneliti dari ETH-Zurich sedang mengembangkan sebuah teknologi lapisan atap rumah yang bisa membuat atap rumah “bekeringat” atau keluar air ketika udara menjadi panas sehingga akan membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih sejuk.

 material roof sweat

Mereka membuat sebuah lapisan sejenis matras polimer yang diletakkan di atas atap yang bisa menyerap air ketika hujan turun (mirip sebuah busa) dan kemudian bila terkena matahari maka lapisan ini akan mengeluarkan air yang telah disimpan untuk menyejukkan atap rumah tersebut.

Coba lihat gambar diatas, rumah di sebelah kiri tidak menggunakan lapisan dari ETH-Zurich sedangkan yang kanan menggunakan lapisan polimer tersebut.

Hasilnya ketika suhu mulai panas, rumah di sebelah kanan terlihat lebih sejuk dibandingkan yang di sebelah kiri (foto kedua yang diambil melalui kamera infrared).

Bicara tujuannya sama seperti atap putih (white roof) yaitu bisa mengurangi pemakaian AC tapi yang paling penting bagi kami, mana yang lebih murah yah, Atap Putih atau Lapisan Berkeringat ini?? (otakku.com/ humasristek)

material roof sweat-2

Blog Attachment