Kerahkan Seratus Mahasiswa : BEM UMRI Rangkul PTPN V Tanam 1.500 Bibit Pohon

umri-mediaPEKANBARU, TRIBUN – Wujud kepedulian terhadap lingkungan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dijadwalkan menggelar penghijauan di area Rumbai pesisir, dekat kawasan danau buatan, pekanbaru, kamis (18/10) hari ini.

Kegiatan ini dipelopori pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMRI bidang luar universitas, dengan merangkul Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan Nusantara V Provinsi Riau.

Mentri Luar Universitas BEM UMRI, sekaligus ketua panitia pelaksana, Muhammad Untung Surapti mengatakan, kegiatan penghijauan merupakan event perdana yang mereka fasilitasi.

“Kita dibantu PTPN V dalam penyediaan bibit tanaman sebanyak 1.500 pohon. Kita dibantu untuk lima jenis tanaman, diantaranya matoa, mahoni, mangga, durian, dan saus. Masing-masing jens tanaman berjumlah 250 batang,” kata untung kepada Tribun, Rabu (17/10).

Selain melibatkan PTPN V dan rektor UMRI, kegiatan yang akan menjadi agenda tahunan BEM Bidang Luar Universitas ini juga akan memboyong 20 orang perwakilan masing-masing fakultas yang ada di lingkungan kampus UMRI.

“Untuk semua persiapan telah kami matangkan, tinggal pelaksanaan saja. Kita juga telah meminta pihak PTPN V dan Rektorat untuk hadir di pelaksanaan penghijauan nanti,” ujarnya.

Ada sekitar lima fakultas yang akan dilibatkan, masing-masing Teknik, MIPA dan Kesehatan, Komputer, Ilmu Komunikasi dan Ekonomi. “Setidaknya nanti akan ada sekitar ratusan orang untuk aksi hijau ini,” tambahnya.

Presiden Mahasiswa UMRI, Ardi Ansyar menambahkan, selain pihak PTPN V dan civitas akademika, kegiatan ini juga akan melibatkan camat dan lurah setempat dengan tema kegiatan “Menciptakan Lingkungan Bersih Untuk Rakyat”.

“Selain civitas akademika kampus dan PTPN V, kita juga mengundang camat rumbai pesisir, dan lurah lembah sari,” kata Ardi. (cr12)