UMRI Selenggarakan Kuliah Umum Tentang Solar Energy

P1530012Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan kuliah umum (General Studium) dengan tema : Pemanfaatan Solar Energy untuk Kehidupan. Dosen tamu yang membahas topik tersebut adalah Prof. Dr. Ing. Magnus Jaeger dari University of Applied Sciences Amberg Weiden Germany. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus I UMRI, Jl. KH Ahmad Dahlan 88 Sukajadi, Pekanbaru, Riau. Hadir dalam acara tersebut Pimpinan UMRI, Dekan dan Ketua Program Studi, para dosen dan mahasiswa.

Kuliah umum tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Agustedi,M.Si selaku Wakil Rektor II UMRI mewakili Rektor UMRI. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kuliah umum tersebut. “Kami dari Pimpinan berharap melalui kuliah umum ini dapat dijadikan momentum dan batu loncatan untuk bermitra dengan University of Applied Sciences Amberg Weiden Germany terutama dalam bidang riset maupun implementasi sistem yang memanfaatkan solar energy”, lanjut beliau.

Dalam kuliahnya Prof. Dr. Ing. Magnus Jaeger menegaskan bahwa solar energy (energi yang bersumber dari matahari) merupakan energi alternatif yang hemat biaya, ramah lingkungan dan mudah pemanfaatannya. Di samping itu dibanding dengan energi lainnya seperti minyak bumi dan gas, solar energy merupakan energi yang tidak akan habis. Untuk itu beliau sangat menghimbau agar masyarakat maupun pemerintah di seluruh dunia untuk segera memanfaatkan solar energy secara maksimal dan optimal.

Lebih lanjut beliau menceritakan bahwa di Jerman dengan waktu rata-rata mendapatkan cahaya matahari 4 jam per hari saja pada musim panas, masyarakat di sana dapat memanfaatkan solar energy tersebut secara efektif dan efisien untuk keperluan rumah tangga, misalnya memasak, penerangan dan lain sebagainya bahkan real estate berteknologi maju pun sudah memanfaatkan solar energy. “Harusnya di Indonesia khususnya di Pekanbaru ini dengan intensitas matahari yang cukup tinggi lebih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Para dosen harusnya dapat melakukan riset-riset seputar teknologi dan implementasi solar energy tersebut”, tegas beliau.

Meskipun penyampaian kuliah umum oleh Prof. Dr. Ing. Magnus Jaeger disajikan dalam bahasa Inggris, namun peserta yang hadir tetap antusias baik selama pemaparan kuliah umum maupun sesi tanya jawab. Perwakilan mahasiswa maupun dosen aktif bertanya seputar kemungkinan-kemungkinan pemanfaatan solar energi tersebut di kehidupan sehari-hari.

Drs. H.M. Rasyad Zein, MM selaku Wakil Rektor III UMRI yang membidangi kerjasama dengan pihak luar ketika ditemui usai kuliah umum menyampaikan bahwa UMRI akan menindaklanjuti kuliah umum ini. “Kita akan mendorong para dosen untuk riset lintas keilmuan, misalnya program studi fisika dan komputer melakukan riset bersama mengenai pemanfaatan solar energy menggunakan Teknologi Informasi maupun Perangkat Lunak (software). Lebih jauh lagi kita bisa kerjasama dengan University of Applied Sciences Amberg Weiden Germany dalam hal beasiswa misalnya”, lanjut beliau. (Hsn)