(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Satelit Murah Dari Android Oleh NASA

(TEKNOBIZ – ICT Provider) Android tidak hanya berfungsi sebagai sistem operasi ponsel atau tablet PC, di tangan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Android bisa diubah menjadi satelit mini.

NASA saat ini tengah mengembangkan dua satelit mini yang bernama PhoneSats dengan modal yang lumayan murah dan gampang dibuat. Satelit berbasis Android ini mendapuk prototype HTC Nexus One dan Samsung Nexus S sebagai sosok utama.
 
"Satelit ini dibuat untuk menguji dari kemampuan fungsi satelit, seperti kemampuan prosesor, keragaman sistem operasi, fungsi ganda sensor, kamera resolusi tinggi, kemampuan GPS dan radio," jelas pihak NASA dalam situs resminya.
 
"Selain itu ini juga dilihat oleh para insinyur kami mengenai kemampuan teknologi komersial dalam menciptakan sebuah desain teknologi di masa depan," tambahnya.
 
Total dana yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak, satu purwarupa satelit ini menghabiskan dana sekitar USD 3.500 atau Rp 32 juta.?
 
Peluncuran perdana satelit PhoneSats rencananya akan dilakukan dari fasilitas milik NASA di Wallops Island, paling lambat akhir tahun ini. Demikian yang ?kutip dari Mashable, Selasa (28/8/2012).