Penutupan Baitul Arqam UMRI Angkatan Ahmad Dahlan

Baitul Arqam Dosen dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) angkatan ke-4 ditutup secara resmi pada Minggu (2/9) bertempat di Aula Kampus I UMRI Jl. KH Ahmad Dahlan 88, Pekanbaru Riau.

Acara yang telah dimulai sejak Jumat (31/8) tersebut dilaksanakan atas kerjasama Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) UMRI dengan Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau.

Pada acara penutupan Baitul Arqam tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis peserta Baitul Arqam dari MPK PWM Riau kepada panitia dalam hal ini adalah LSIK UMRI. MPK PWM Riau diwakili oleh Anwar Siregar,SH sekaligus sebagai salah satu Instruktur dalam kegiatan Baitul Arqam kali ini, sedangkan LSIK UMRI diwakili oleh Ketua LSIK, Elviandri,S.Hi,M.Hum. Dalam keterangannya di depan para peserta, Anwar Siregar menyampaikan bahwa dari 20 peserta yang ikut dalam Baitul Arqam angkatan ke-4 ini, hanya terdapat 1 peserta yang dinyatakan tidak lulus. “Peserta yang dinyatakan lulus dihimbau untuk melaksanakan kesepakatan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) berupa keterlibatan dalam wirid Muhammadiyah baik sebagai peserta, panitia ataupun nara sumber. Waktu yang diberikan maksimal hingga Februari 2013 dirasa cukup untuk semua peserta”, lanjut Beliau.

Sebagaimana angkatan-angkatan sebelumnya, pada angkatan ke-4 ini, kelompok peserta yang lulus disepakati nama angkatannya. Setelah melalui proses musyawarah, akhirnya diputuskan bahwa angkatan kali ini diberi nama “Angkatan Ahmad Dahlan”. Kegiatan penutupan juga diselingi dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta. Tampil menyampaikan kesan dan pesan tersebut adalah Hasanuddin,M.Cs, Dosen dan Ketua Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UMRI yang sekaligus dalam penutupan didaulat sebagai ketua atau koordinator Angkatan Ahmad Dahlan.

Dalam pemaparannya, Hasanuddin menyampaikan bahwa kegiatan Baitul Arqam ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat baik untuk menambah wawasan ke-Islam-an maupun Ke-Muhammadiyah-an, menambah pengalaman maupun memperluas silaturrahim di lingkungan UMRI apalagi pada angkatan kali ini diikuti juga oleh perwakilan dosen dan karyawan STKIP Aisyiyah Pekanbaru, Riau. “Semoga setelah kegiatan ini kita dapat meningkatkan keimanan, ibadah, kesolidan dan komitmen untuk memajukan UMRI dan Muhammadiyah”, himbaunya.

Penutupan Baitul Arqam Angkatan Ahmad Dahlan dilaksanakan setelah pada hari kedua, Sabtu (1/9) menghadirkan empat pemateri yaitu : Pertama, Drs. H. Raja Ramli Ibrahim, Wakil Ketua PWM Riau dengan materi “Konsep dan Tujuan Pendidikan Muhammadiyah”; Kedua, Drs. Saidul Amin,MA, Wakil Ketua PWM Riau dengan materi “Revitalitas Ideologi Muhammadiyah”; Ketiga, Drs. HM, Rasyad Zein,MM, Wakil Rektor III UMRI sekaligus Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekanbaru dengan materi “Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah dalam Pengelolaan Amal Usaha Muhammadiyah”; dan Keempat, Drs. Elfiandri,M.Si, Wakil Bendahara PWM Riau dengan materi “Dinamika Kelompok, Media Dakwah dan Kaderisasi”. (Hsn)


 

Blog Attachment