LSIK UMRI Selenggarakan Baitul Arqam Dosen dan Karyawan Angkatan ke-4

Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan Baitul Arqam Dosen dan Karyawan Angkatan ke-4 pada Jumat (31/8). Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan hingga Ahad Pagi tersebut bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau. Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi Rektor UMRI Prof. Dr. H. Mohammad Diah Z, M.Ed.

Pada acara pembukaan Baitul Arqam tersebut, hadir Rektor dan Wakil Rektor, Dekan Fakultas di lingkungan UMRI, Badan Pengurus Harian (BPH) UMRI serta dari PWM Riau. Baidarus,MM,M.Ag, selaku ketua panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Baitul Arqam kali ini selain pesertanya dari dosen dan karyawan UMRI juga diikuti oleh perwakilan dosen dan karyawan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) ‘Aisyiyah Riau. “Diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta dapat mengenal lebih jauh tentang Muhammadiyah serta mengimplementasikan nilai-nilai Muhammadiyah dalam aktivitas sehari-hari baik untuk menjadi Muslim sesungguhnya maupun dalam rangka memajukan UMRI sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Riau”, lanjut beliau.

Sementara itu Rektor UMRI dalam sambutannya menyampaikan bahwa Beliau menyambut baik kegiatan Baitul Arqam kali ini, semoga melalui kegiatan ini dosen dan karyawan di lingkungan UMRI dapat mewujudkan manajemen dan lembaga yang bermarwah dan bermartabat. Tidak hanya mahasiswa atau lulusan yang diharapkan dapat menjadi bermarwah dan bermartabat tetapi juga lembaganya. Selain itu, Rektor juga mengharapkan para Dekan Fakultas di lingkungan UMRI untuk menggalakkan kegiatan sejenis Baitul Arqam dengan nuansa non-formal secara rutin untuk tetap menanamkan nilai-nilai Muhammadiyah dalam kehidupan akademik di Fakultas masing-masing. “Mari kita berperan serta dalam pusat pengembangan Muhammadiyah minimal di UMRI, bahkan lebih baik lagi di lingkungan tempat tinggal”, himbau Beliau.

Pada hari pertama (Jumat, 31/8), peserta disuguhi tiga materi hingga Pukul 18.00 WIB. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. H. Irwan Effendi,M.Sc, yang saat ini menjabat sebagai Ketua PWM Riau dengan tema : Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Materi kedua disampaikan oleh Drs. Eddy Marioza, selaku Ketua Majelis Pendidikan Kader PWM Riau, dengan tema : profil Kader Muhammadiyah. Materi terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Muhammad Nazir, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sutan Syarif Kasim Riau dengan tema : Faham Agama dan Muhammadiyah. (Hsn).