IT Center UMRI Akan Realisasikan Sistem Single Sign On Untuk Seluruh Layanan IT

Tim Information Technology Center (IT Center) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) akan merealisasikan program terbaru dalam bidang implementasi sistem IT di  lingkungan UMRI yang dinamakan sistem single sign on. Sistem ini bertujuan untuk mengintegrasikan layanan akses untuk seluruh aplikasi/sistem yang berjalan di lingkungan UMRI. Untuk tahap awal, integrasi ini meliputi layanan akses koneksi internet, webmail dan elearning.

“Konsep Single Sign on sangat kita butuhkan dalam waktu dekat karena sistem atau aplikasi yang kita miliki saat ini bervariasi dan tidak terintegrasi. Banyak pengguna yang mengeluh karena lupa password, padahal hanya tertukar antara password aplikasi satu dengan aplikasi lainnya atau lupa karena harus mengahafal beberapa password pada aplikasi yang berbeda”, jelas Aryanto,M.IT, Ketua IT Center UMRI yang ditemui disela-sela kerjanya.

Untuk tahap awal realisasi program tersebut, Tim IT Center UMRI memulai dari pendaftaran member account untuk email formal UMRI. Sehingga untuk keperluan administrasi dan komunikasi melalui email, sivitas akademika UMRI dihimbau untuk menggunakan email resmi. Untuk dosen dan karyawan menggunakan alamat @umri.ac.id, sedangkan mahasiswa direncanakan menggunakan @student.umri.ac.id. Account member dalam hal ini akses login tersebut nantinya akan digunakan sebagai kunci yang sama untuk mengakses koneksi internet dan elearning. “Kami telah menyebarkan form pendaftaran account email ke seluruh dosen dan karyawan UMRI. Untuk tahap pertama ini, kami akan tuntaskan dengan edaran yang sama ke kalangan mahasiswa di bulan September mendatang”, lanjut Aryanto.

Untuk merealisasikan program ini, Tim IT Center UMRI dalam waktu dekat akan menyerahkan dokumen terkait program single sign on tersebut kepada Rektor UMRI untuk disyahkan. Direncanakan program ini akan mulai direalisasikan pada awal tahun ajaran baru 2012/2013. Semoga sistem IT di lingkungan UMRI dapat lebih berkualitas dan bermanfaat bagi majunya UMRI sebagai universitas yang bermarwah dan bermartabat serta unggul di bidang IT maupun ICT menuju era globalisasi saat ini. (Hsn)