Mahasiswa KKN UMRI Selenggarakan Penyuluhan UKM

Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) pada Ahad (29/7) mengadakan kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan dengan tema “Peningkatan Produktifitas UKM dalam rangka mewujudkan Masyarakat Mandiri”. Kegiatan ini diselenggarakan di RW 09, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Kelurahan ini merupakan salah satu daerah pertanian singkong yang cukup luas di Pekanbaru. Daerah ini juga banyak terdapat pengusaha-pengusaha dalam skala Usaha Mikro dan Usaha Kecil Menengah.

Penyuluhan Kewirausahaan yang juga didukung oleh Ketua RW 09, H. Said Zohrin SH. MH. Dalam penjelsannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa memberikan motivasi wirausaha bagi masyarakat yang menjadi peserta. Program ini menjadi langkah awal untuk program selanjutnya yaitu pelatihan wirausaha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat oleh mahasiswa KKN PPM Univ. Muhammadiyah Riau  Yaitu Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos berbahan baku sampah organik.

“Masyarakat di RW 09 Kelurahan Kulim ini memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan usaha karena kondisi daerah yang memiliki sumber daya yang ada untuk diberdayakan” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Riyanto, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Semester VI UMRI. “Hal inilah yang menjadi dasar kenapa kegiatan Penyuluhan ini diselanggarakan. Ketika peserta telah mengikuti penyuluhan ini bisa mengembangkan potensi usaha yang ada disekitarnya”, Lanjutnya.

Kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan ini berjalan lancar. Apresiasi besar dari para peserta penyuluhan sangat besar walaupun mereka dalam keadaan berpuasa. Pertanyaan-pertanyaan tetap dilayangkan pada sesi tanya jawab hingga akhir penyuluhan. “Bagaimana proses memotivasi diri dan menghilang keraguan pak”, pertanyaan peserta Wibowo. Narasumber memberikan jawaban jitu yaitu “Action an Action”  yang penting itu memulai dan bergerak.

“Kami berharap setiap peserta bisa menjadi pionir di setiap RTnya untuk memulai berwirausaha“, tutur  Ketua Kelompok KKN, Eko Sunadi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Smester VI ini Juga menembahkan, Selain bermanfaat bagi masyarakat diharapkan acara ini juga bermanfaat bagi kelompok mahasiswa KKN selaku panitia Pelaksana,  dimana mahasiwa hari ini bukan saja menjalankan fungsinya sebagai Agent Of Change di tengah-tengah masyarakat akan tetapi peran mahasiswa lebih memfokusakan kepada perannya sebagai pelaku perubahan yang secara langsung terjun mengaplikasikan Kemampuan Intelektualnya di tengah-tengah masyarakat. sehingga permasalahan Ekonomi bangsa yang saat ini melanda Bangsa Indonesia dapat segera terselesaikan, lanjutnya.

Acara ini dihadiri oleh masyarakat sekitar yang berjumlah lebih kurang 20 orang. Kualitas yang dimiliki peserta diharapkan lebih dari pada kuantitasnya. Hal ini didukung oleh pemateri yang handal di bidangnya dan merupakan praktisi Ekonomi, Eka Rahman, SE sebagai Ketua IIBF Provinsi Riau sekaligus pemilik Kaona Muslimmart dan Hadi Sugito,S. Sos, MM sebagai Konsultan Koperasi dan UKM. Para pemateri juga menawarkan diri sebagai pembimbing atau mentor bagi siapa yang ingin melakukan usaha baik itu bimbingan secara teknis maupun bimbingan bagaimana cara memperoleh bantuan permodalan. (Ryan)