Fakultas Ilmu Komputer UMRI Meluluskan Sidang Skripsi Pertama

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk pertama kalinya menyelenggarakan dan meluluskan Sidang Skripsi Mahasiswa pada Jumat (27/7). Sidang skripsi untuk mahasiswa angkatan pertama ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 27 hingga 5 Agustus 2012, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan tanggal 11 hingga 22 September 2012.

Aryanto, M.IT selaku Dekan Fasilkom yang berhasil diwawancarai di ruang kerjanya menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang skripsi gelombang pertama berjumlah 22 peserta. Dari 22 peserta tersebut terbagi menjadi 3 mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika dan 19 mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi. Dari 3 mahasiswa peserta sidang skripsi Program Studi Teknik Informatika, 1 berasal dari Program Reguler A dan 2 mahasiswa dari Program Reguler C, sedangkan peserta dari Program Studi Sistem Informasi semua dari Program Reguler C, lanjut Beliau.

Pada sidang skripsi gelombang pertama, tercatat sebagai peserta pertama adalah Lolita Ningsih dengan NIM 080401022 dari Program Studi Teknik Informatika Program Reguler A. Judul yang disidangkan tersebut adalah Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Online Berbasis Model View Controller (MVC), dengan Dosen Pembimbing  Hasanuddin,M.Cs dan Aryanto,M.IT.  Pada akhir sidang, dinyatakan bahwa skripsi ini dinyatakan Lulus.

Ditemui setelah sidang, Lolita (panggilan akrabnya) menyampaikan bahwa dia sangat bahagia bisa menjadi peserta pertama yang disidangkan apalagi dinyatakan lulus. Semua kerja keras dan rasa cemas di awal dan saat sidang terasa hilang dan berbuah kebahagiaan, lanjut Lolita. Ditanya mengenai apa saran maupun pesan bagi mahasiswa lain yang belum sidang ataupun mahasiswa Fasilkom secara umum, Lolita menjelaskan bahwa bagi mahasiswa yang belum sidang untuk lebih mempersiapkan diri secara maksimal baik penguasaan konsep/teori maupun sistem yang dibuat, sedangkan bagi mahasiswa Fasilkom umumnya untuk lebih menguasai mata kuliah – mata kuliah inti karena akan sangat membantu dalam sidang skripsi.

Ibnu Daqiqil ID, M.TI sebagai salah satu Dosen Penguji pada sidang skripsi pertama tersebut menyampaikan bahwa mahasiswa peserta sidang (Lolita) sudah menguasai dan mempertanggungjawabkan hasil skripsinya  dan hal itulah yang menyebakan kami meluluskannya. Semoga secara umum mahasiswa yang akan sidang baik gelombang pertama maupun gelombang kedua dapat lebih membekali diri agar hasil bisa maksimal dan memuaskan. (Hsn)