Sukarni : Seluruh Pengajuan Akreditasi Program Studi di UMRI Sesuai Target

Sukarni UMRIBerdasarkan pantauan terakhir pada Rabu (25/7), dari 12 program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Pekanbaru yang mengajukan borang akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), sudah 11 program studi yang telah mendapatkan Surat Keterangan (SK). SK terakhir yang bertanggal 15 Juni 2012 menyebutkan bahwa Program Studi Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi dan Akuntansi terakreditasi C.

Drs. H. Sukarni,M.Si, Wakil Rektor I UMRI Bidang Akademik yang ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (25/7) menyampaikan bahwa pengajuan akreditasi tahun lalu yang hasilnya baru dapat dinikmati tahun ini adalah sudah berjalan sesuai target. Dari 13 program studi di lingkungan UMRI, 1 program studi yaitu Teknik Otomotif telah terakreditasi sebelumnya, 12 mengajukan borang 2011. Sedangkan dari 12 pengajuan borang tersebut, hanya menyisakan 1 program studi yang saat ini menunggu turunnya SK BAN-PT yaitu program studi Sistem Informasi.

Hasil akreditasi yang memuaskan ini sangat berarti bagi UMRI. Sebagai universitas yang secara umum baru meluluskan mahasiswa tahun ini, akreditasi program studi sangat akan membantu para calon lulusan. Karena jika tidak, berdasarkan peraturan pemerintah universitas tidak boleh meluluskan mahasiswa bagi program studi yang belum berijin dan terakreditasi, lanjut Beliau.

Ketika ditanya apakah akreditasi yang telah berhasil diraih oleh program studi di lingkungan UMRI tersebut berdampak pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2012/2013, Sukarni dengan yakin menyatakan bahwa sangat berpengaruh karena hampir semua calon mahasiswa baru yang datang ke UMRI menanyakan hal tersebut. Karena akreditasi tersebut, mereka yang telah mendaftar merasa yakin dan bangga bergabung bersama UMRI.

Sementara itu di tempat terpisah, Fiza Febriyani,M.IT selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi, dan Aryanto,M.IT selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer yang berhasil ditemui di ruang kerjanya manyampaikan bahwa mereka optimis dan yakin Program Studi Sistem Informasi akan mendapatkan status akreditasi yang insya Allah SK BAN-PT nya diterima satu bulan mendatang. Kami wajar menerima SK terakhir, karena pelaksanaan visitasi (site visit) program studi kami belakangan yaitu pada tanggal 1 Juni 2012. Lebih lanjut, Fiza Febriyani menyampaikan bahwa dirinya yakin berdasarkan proses visitasi oleh para Asesor BAN-PT (Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor) yang berjalan lancar. Semoga dengan terakreditasinya seluruh program studi di UMRI, membawa semangat untuk maju dan sukses bagi seluruh sivitas akademika UMRI di masa mendatang. (Hsn)