(0761) 35008 umri@umri.ac.id

ES Pipe: pipa air yang bisa menghasilkan energi listrik

Belakangan banyak produk penghasil energi yang sumbernya berasal dari sesuatu yang sebenarnya sering kita buang begitu saja seperti PowerPot yang menghasilkan energi ketika kita sedang memasak dan masih banyak lagi.

Kali ini sebuah konsep dari Ryan Jongwoo Choi yang mencoba memanfaatkan aliran air dari keran untuk menghasilkan sebuah energi listrik yang bisa digunakan untuk penerangan (sebagai lampu).

Disebut dengan ES Pipe, alat berbentuk pipa ini didalamnya terdapat beberapa turbin kecil untuk menghasilkan energi listrik yang kemudian bisa memberikan sumber energi untuk lampu bohlam khusus yang dipasang di atasnya.

ES Pipe dipasang di pipa air dan setiap saat kran air dibuka maka turbin kecil yang ada akan berputar dan menghasilkan energi listrik yang diteruskan ke bohlam khusus diatasnya.

Setelah terisi penuh, bohlam yang berisi berisi baterai isi ulang ini bisa digunakan di malam hari sebagai salah satu sumber penerangan.

Kalau digunakan di perkotaan mungkin kita bicara hemat energi tetapi kalau digunakan di daerah yang tidak ada listrik maka ini menjadi sebuah solusi jitu untuk daerah tersebut. (otakku.com/ humasristek)