Mesin ATM akan Beroperasi Tanpa Kartu

Teknologi baru yang akan memungkinkan nasabah bank menarik uang dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) melalui telepon pintar telah diumumkan.

Teknologi ini baru akan diaplikasikan untuk nasabah Royal Bank of Scotland (RBS) atau pengguna aplikasi perbankan seluler NatWest di Inggris kini dapat menarik dana hingga 100 poundsterling (Rp 1,4 juta) melalui telepon pintar mereka.

Nasabah akan diberikan kode enam angka untuk dimasukkan ke mesin ATM dan menarik uang.

Sistem serupa dikembangkan oleh operator mesin kas NCR. Pengguna harus memindai kode batang (barcode) sebelum mesin mengeluarkan uang.

Layanan ini adalah perkembangan terbaru dalam upaya menjadikan telepon pintar sebagai dompet digital.

RBS mengatakan sistem baru ini akan membantu nasabah yang lupa membawa kartu bank mereka, atau ingin mengirim uang tunai pada keluarga dengan cepat.

Teknologi ini juga memungkinkan nasabah meninggalkan dompet mereka di rumah dan menggantinya dengan telepon genggam saja.

"Ini benar-benar cara sederhana dan aman untuk membantu nasabah kami mendapat uang tunai dimana saja dan kapan saja mereka membutuhkannya," kata Ben Green dari RBS dan NatWest.

Saat ini nasabah dapat menggunakan kartu untuk menarik dana hingga 300 poundsterling (Rp 4,4 juta), sedangkan batas untuk penarikan tanpa kartu adalah 100 poundsterling.

Akses aplikasi mewajibkan penggunaan kata kunci, dan kode penarikan akan disembunyikan hingga pengguna mengetuk layar. Hal ini bertujuan untuk mencegah pencuri mengintip layar dan mencuri kodenya.

Sistem ini adalah lanjutan dari layanan RBS yang memungkinkan nasabah yang kehilangan kartu mereka untuk menarik dana darurat dari mesin ATM.

Bank juga mengumumkan sistem bagi nasabah yang ingin menyumbang melalui ATM.

Dalam perkembangan terpisah, NCR mengumumkan mereka membuat piranti lunak sehingga nasabah dapat memindai barcode di telepon pintar mereka di mesin ATM untuk menarik dana sesuai perintah di telepon pintar. (pikiran-rakyat.com/ humasristek)