(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Teknologi suntikan dari MIT, tidak sakit dan tidak pakai jarum. Ini baru asik!

Walaupun sudah ada kabar tentang jarum suntik super kecil (Microneedles) supaya disuntik hanya terasa seperti di gigit nyamuk tetapi tetap aja bentuknya sebuah jarum suntik dan bisa membuat sebagian orang merinding melihatnya.

Peneliti dari MIT sedang mengembangkan sebuah alat baru pengganti jarum suntik yang tidak saja akan membuat kita tidak terasa sakit tetapi juga sekaligus tidak menggunakan jarum sama sekali.

Sebagai pengganti jarum suntik untuk memasukkan obat ke dalam tubuh melaui kulit maka digunakan sebuah tekanan tinggi (high-pressure jet) untuk memompa cairan obat ke dalam tubuh.

Alat ini juga bisa diatur untuk berapa banyak dosis obat yang harus dikirim dan seberapa jauh obat akan masuk ke dalam tubuh.

Menurut mereka setidaknya ada 2 keuntungan dibandingkan dengan alat yang tetap menggunakan jarum suntik, pertama tentu saja tidak ada rasa sakit dan merinding karena melihat jarum suntik.

Kedua ini juga tidak kalah pentingnya dimana karena tanpa jarum suntik maka penularan atau resiko terkena penyakit akibat penyalahgunaan jarum suntik juga akan berkurang jauh. (otakku.com/ humasristek)