Bulan Mei Ini UMRI Wirid Tentang Shalat Jenazah

Pengajian (wirid) rutin Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk Mei 2012 mengambil tema Shalat Jenazah. Seperti wirid-wirid sebelumnya, wirid kali ini dilaksanakan mulai Pkl. 07.00 WIB bertempat di Auditorium Lt III Kampus UMRI Jl. KH Ahmad Dahlan 88, Pekanbaru Riau.

Wirid bulan Mei kali ini dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Mei 2012. Tampil sebagai pemateri atau nara sumber adalah Elviandri,S.HI,M.Hum dan Drs. H.M. Rasyad Zein,MM dari LSIK (Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan) UMRI. Acara dimulai dengan penayangan video ringkas seputar penanganan jenazah yang dipublikasikan oleh Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, selanjutnya dilaksanakan dialog dan diskusi diantara peserta.

Pada sesi diskusi dibahas beberapa hal, misalnya penggunaan kapas pada beberapa bagian tubuh pada saat pemandian jenazah. Hal lain yaitu seputar kegiatan talkin yang biasa dijumpai di masyarakat setelah proses pemakaman jenazah. Permasalahan lain yang ikut dibahas adalah penanganan tambahan perlengkapan pada anggota tubuh jenazah misalnya gigi palsu, rambut palsu dan lain sebagainya pada saat memandikan jenazah.

Pada bagian akhir, nara sumber dari LSIK menghimbau bagi seluruh sivitas UMRI yang merupakan warga Muhammadiyah untuk terus menambah ilmu dan wawasan seputar Islam dan Kemuhammadiyahan khususnya dalam penanganan jenazah sehingga dapat memberikan kontribusi dalam masyarakat terutama dalam meluruskan pemahaman dan pelaksanaan Al Quran dan Hadits. (Hsn).