Perusahaan Perancis Kembangkan Turbin Angin Penghasil Listrik Sekaligus Air Bersih

Turbin angin selama ini hanya dianggap sebagai penghasil listrik. Tetapi sebuah perusahaan Perancis mencoba menepis anggapan tersebut dengan membuat turbin angin yang memiliki desain sedikit berbeda namun menghasilkan fungsi tambahan lainnya.

Turbin angin konvensional hanya mengusung generator di dalam rumah turbinnya. Oleh karenanya, Eola Water, perusahaan Perancis tersebut juga menambahkan kompresor ke dalam turbin barunya yang bernama WMS 1000 untuk menghasilkan air segar.

Inovasi Eola Water memang tidak besar. Penambahan kompresor yang umum digunakan pada refrigerator dan humidifier akan membuat turbin angin itu juga mampu mendinginkan dan memberikan tekanan pada udara yang dibiarkan masuk melalui saringan udara yang ada di depan rumah turbin. Filter ini mengurangi partikel-partikel debu yang berpotensi merusak kompresor.

Udara dingin yang terkompresi tersebut akan mengkondensasi udara di sekitarnya. Hasilnya titik-titik air akan jatuh terkumpul dalam sebuah tangki yang terletak di bawah dasar menara turbin yang kemudian melalui proses filterisasi dan siap dimanfaatkan.

Eola Water menambahkan bahwa WMS 1000 -yang juga bisa direbahkan untuk menjalani pemeliharaan- mampu menghasilkan air sebanyak 1.000 liter setiap harinya di lokasi dengan iklim yang lembab. Produksi air turbin angin buatan Eola Water memang bergantung pada kondisi iklim di mana turbin angin akan dibangun.

Fungsi tambahan tersebut memang sangat bermanfaat, terutama untuk daerah-daerah yang mempunyai kesulitan dalam mengakses air bersih. Hanya saja ada satu kekurangan dari turbin angin buatan Eola Water tersebut, harganya masih berkisar 750.000 US Dolar yang masih lebih mahal dari turbin angin konvensional. Tetapi perusahaan itu yakin, bahwa dengan jumlah produksi yang bertambah, maka harganya pun akan semakin bisa ditekan. (planethijau.com/ humasristek)