(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Audi Perkenalkan Sepeda Listrik Canggih

Dua tahun yang lalu, VW memperkenalkan Bik.e, sebuah sepeda motor listrik yang diklaim sebagai sepeda oleh VW karena desainnya memang lebih mirip sepeda. Kurang lebih setahun yang kemudian, Ford memperkenalkan alat transportasi yang tidak pernah dibuat pabrikan otomotif itu sebelumnya. E-Bike, sepeda listrik besutan Ford tersebut dilengkapi perangkat-perangkat canggih.

Tampaknya Audi juga ikut latah dengan mencoba membuat sepeda listrik yang diklaim perusahaan mobil Jerman itu sebagai yang tercanggih. Sepeda listrik Audi tersebut terbuat dari bahan serat karbon yang diperkuat dengan polimer pada bodi dan velg rodanya. Pemakaian bahan ini membuat beratnya hanya berkisar 10 kilogram.

Tidak hanya cukup dengan berat yang ringan, Audi juga menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga setara 2,3 kiloWatt dari baterai lihium ion yang tersembunyi dan menyatu dengan bodinya serta hanya dibutuhkan waktu 2,5 jam untuk mengisi ulangnya.

Audi mencoba membawa sepeda listrik ini ke masa depan. Pengendaranya dapat memilih berbagai mode kendara yang bisa diatur melalui layar sentuh yang ada.

Pada mode "Pure", pengendara murni menggunakan kekuatan kakinya untuk mengayuh sepeda, sedangkan pada mode "Pedelec", kayuhan kaki pengendara dibantu dengan motor listrik dan mampu mencapai kecepatan 80 kilometer per jam sejauh 50 – 70 kilometer. Atau jika pengendara tidak ingin mengayuh dan hanya mengandalkan motor listrik, maka mode yang dipilih adalah "eGrip" dan sepeda tersebut dapat melaju hingga 50 kilometer perjam.

Kecanggihan sepeda itu juga mencakup pada pengaturan sudut roda depan dan belakang, tergantung kepada kondisi medan yang akan ditempuh dan gaya bersepeda si pengendara. Kecanggihan-kecanggihan yang dimiliki sepeda-sepeda listrik masa depan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi mereka yang menginginkan alternatif berkendara ramah lingkungan. (planethijau.com/ humasristek)