(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Ultrasonik Bisa Mengangkat, Memutar, dan Memanipulasi Objek

Para ilmuwan di Universitas Dundee, Skotlandia telah menciptakan mesin bertenaga ultrasonik yang dapat mengangkat, memutar dan memanipulasi objek dengan menggunakan suara itu sendiri.

Perangkat ini mirip yang digunakan Dr Who dalam film fiksi ilmiah yang ditayangkan BBC, sebuah "obeng sonik" yang digunakan sebagai kunci, pemindai medis, dan bahkan senjata.

Fisikawan di Universitas Dundee merancang perangkat ini untuk bedah ultrasonik yang dipandu MRI dan menciptakan sebuah alat yang dapat mengangkat dan memutar cakram karet 10 cm dengan berkas ultrasonik.

Tim mengatakan berkas membawa momentum yang dapat mendorong sebuah objek di lintasannya dan dapat menyebabkan objek memutar bila berbentuk seperti spiral atau pusaran.

"Penelitian ini tidak hanya menegaskan suatu teori fisika dasar tetapi juga menunjukkan tingkat baru kendali atas berkas ultrasonik yang juga dapat diterapkan untuk bedah ultrasonik non-invasif," kata Mike MacDonald seperti dilansir Mail Online. (pikiran-rakyat.com/ humasristek)