Ingin Bagun Kampus Unggul, UMRI Tingkatkan Kerjasama Dengan UMM

Malang- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ingin menjelma seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kampus yang masih berumur belia itu membangun mimpinya agar dapat tumbuh pesat dengan cara menggandeng UMM sebagai mitra kerjasamanya.  “Karena Islam sangat perlu memiliki kampus sebesar UMM ini, maka sangat penting membangun UMRI seperti UMM,” ungkap rektor UMRI, Prof. Dr. H. Mohammad Diah. Z., M. Ed, ketika berkunjung ke UMM, Senin (23/4).
 
Kunjungan UMRI ke UMM bertujuan mematangkan kerjasama kedua pihak dengan menandatangani tiga naskah kerjasama. Yakni dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) dan dengan universitas.  
 
Kunjungan ini disambut oleh Rektor UMM, Dr. Muhadjir Effendy, MAP didampingi dekan FISIP serta sejumlah kepala biro lainnya. Meski di luar daerah binaannya, rektor UMM menyanmbut baik inisiatif UMRI. UMM merupakan Pembina Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia Timur, sedangkan UMRI berada di Indonesia barat.
 
Kerjasama dengan FISIP terutama dalam meningkatkan jurusan Ilmu Komunikasi dalam bentuk moving class. “Dengan berkembangannya Ilmu Komunikasi di UMM diharapkan dapat menularkan pada UMRI untuk dapat melahirkan sarjana-sarjana yang kompeten di bidangnya. Dengan ini kami meminta dukungan dan bantuan dari UMM melalui prosedur dan koridor  yang ada untuk dapat berbagi kesuksesaan dengan fakultas  yang akan kami bangun,” kata Rektor UMRI.
 
Selain menandatangani MoU, rombongan dari UMRI ini memanfaatkan waktu mengelilingi UMM untuk dapat menggali informasi dan belajar mengenai pengelolaannya. “Walaupun kami sudah menerapkan Sistem Student Centered Learning (SCL) dengan sajian kurikulum yang mengarahkan mahasiswa untuk mampu menjadi pemikir dan praktisi di bidangnya tapi kami juga perlu banyak belajar dan menggali informasi mengenai pengelolaan lembaga hingga dapat berdiri sebesar ini,” kata Pembantu Rektor II UMRI, Dr. Ir. Agustedi, M.Si.
 
UMRI yang saat ini sudah menjajaki tahun ke 4 berharap dapat berkembang dan tumbuh sesuai permintaan masyarakat yakni mencetak generasi yang berkarakter, bermarwah dan bermartabat. (muhammadiyah.org)