(0761) 35008 umri@umri.ac.id

NHTSA Keluarkan Standar Baru Keselamatan Kendaraan Bermotor

BADAN keselamatan lalu lintas jalan raya Amerika Serikat, NHTSA mengumumkan rencananya untuk memperbaharui standar keselamatan yang ada saat ini. Untuk mencegah pengendara menekan pedal rem dan gas secara bersamaan, produsen mobil diminta untuk melengkapi sistem keselamatan baru.

Fitur baru bernama 'brake-throttle override' yang akan diharuskan pada setiap mobil baru itu ditujukan untuk mencegah terjadinya akselerasi yang tidak disengaja. Standar keselamatan baru ini akan diaplikasikan pada semua mobil baru, truk dan bus.

Ketika pedal gas dan rem diinjak bersamaan, sistem akan menggagalkan fungsi pedal gas untuk mencegah terjadinya salah injak yang kerap dilakukan ketika pengendara dalam keadaan panik.

NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) mengatakan bahwa sejumlah produsen mobil telah siap untuk mengaplikasikan sistem serupa pada produk-produk mereka. Pembaharuan standar keselamatan ini akan menggantikan Federal Motor Vehicle Safety Standard No 124 mengenai sistem kontrol akselarator. (OL-07) (mediaindonesia.com/humasristek)