Program Studi Ilmu Komunikasi

Status Akreditasi : Berakreditasi

Berdasarkan tujuan, kebutuhan masyarakat, tenaga dosen, tenaga kependidikan dan sarana-prasarana yang dimiliki pada saat ini, maka program pendidikan yang akan dikembangkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, adalah Program Studi Ilmu Komunikasi

Sejarah Singkat

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi lahir seiring pembentukan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau pada 5 Juni 2008. Saat ini Prodi Ilmu Komunikasi mempunyai empat konsentrasi yaitu :

  1. Konsentrasi Public Relation
  2. Konsentrasi Film & Broadcasting
  3. Konsentrasi Jurnalistik
  4. Konsentrasi Advertising (Periklanan)

Kedepan keempat konsentrasi ini akan berkembang menjadi program studi tersendiri.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah, pada proses metode pengajaran lebih mengedepankan pada aplicated science (aplikasi). Karenanya silabus dan satuan acara pembelajaran (SAP) didesain lebih pada aspek praktikal dengan tetap menyelaraskan aspek teoritikal ilmu komunikasi terkini. Hal ini diharapkan agar insan-insan komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau mampu menjalankan semua aplikasi komunikasi secara baik dan memahami secara teori.

Visi

Mewujudkan Program Studi Ilmu Komunikasi yang aplikatif dengan tetap mengedepankan aspek keilmuan bidang Komunikasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan catur dharma perguruan tinggi khususnya di bidang Ilmu Komunikasi, meliputi Public Relation, Film & Broadcasting, Jurnalistik dan Advertising yang releven sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  2. Menghasilkan insan-insan komunikasi yang aplikatif dan faham secara teori dengan mengedepankan nilai-nilai ke-Islaman

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan akademis, profesional dalam bidang komunikasi, dan senantiasa menjunjung budaya Melayu dan nilai-nilai Keislaman.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, efesien, efektif dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbudaya Melayu dan bernuansa Islami.