Jurusan Fisika

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Jurusan Fisika merupakan salah satu jurusan yang merupakan bagian dari Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau. Jurusan ini berdiri seiring berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau

Pendirian Jurusan Fisika pada hakikatnya adalah sejalan dengan usaha Pemerintah Riau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pemenuhan tenaga ahli di bidang ilmu Fisika.

Visi

“ Menjadikan Program Studi Fisika sebagai program studi yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan fisika  serta dapat menerapkannya baik secara kemandirian maupun dalam bidang pekerjaan serta kependidikan yang berlandaskan kepada IMTAQ sebenar-benarnya.”

Misi

  • Mengembangkan pengajaran ilmu fisika melalui metode dan bahan ajar yang berbasiskan pada keahlian komputasi dan instrumentasi.
  • Mengembangkan materi ajar serta penggunaan alat praktek fisika yang bersesuaian dengan pemenuhan criteria lulusan fisika.
  • Membangun moral civitas academica program studi fisika yang berlandaskan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  • Membangun mental kemandirian lulusan fisika dalam memperluas lapangan kerja dengan keilmuan dan penguasaaan keahlian yang dibekalkan kepada mahasiswa program studi fisika.
  • Pengembangan keterkaitan intermateri dalam lingkup MIPA maupun antar materi di luar ilmu MIPA baik sebagai ilmu terapan ataupun ilmu serapan yang sesuai dengan pencapaian IPTEK di Provinsi Riau.
  • Mengambangkan penelitian serta kerja sama di lingkup UMRI maupundengan instansi pemerintah, non pemerintah dan industry.
  • Mendorong dan mendampingi masyarakat Riau untuk menjadi pengguna teknologi sederhana dan tepat guna yang berbasiskan fisika.

Tujuan

Tujuan pendidikan program Sarjana Fisika adalah mengupayakan agar lulusan program ini memiliki kemampuan dasar sarjana Fisika, yaitu perilaku berikut :

Kemampuan pada taraf awal untuk menggunakan dedukasi matematis berdasar sosok pengetahuan fisika yang telah ada guna menjelaskan gejala/fakta empiris, serta memahami bagaimana teori digunakan untuk meramalkan fakta baru.

  1. Learning To Know

Kemampuan menggunakan system pengamatan (observasi) yang terdiri atas system peralatan fisika untuk menguji teori berdasarkan hasil observasi. Serta mampu menerapkan ilmunya pada bidang-bidang yang menggunakan dasar fisika.

  1. Learning To Do

Memiliki wawasan MIPA yang luas sehingga dapat menjelaskan berbagai gejala alam sehari-hari secara professional dan mampu membantu masyarakat umum memahami berbagai gejala alam maupun perkembangan ilmu dan teknologi

  1. Learning To Be

Memiliki wawasan social budaya agar dapat berperan aktif sebagai seorang intelektual dalam masyarakat umum melalui profesinya.

  1. Learning To Live Together

Dengan bekal kemampuan dasar sarjana Fisika diharapkan mampu mengikuti pendidikan lanjut program akademis (Magister atau Doktor) dalam bidang fisika  baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu seorang sarjana fisika diharapkan mampu mengembangkan kemampuannya sehingga dapat memberi pelayanan pada masyarakat dalam bidang terapan fisika.