Jurusan D3 Keperawatan

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Jurusan D III Keperawatan merupakan hasil peleburan dari AKPER Muhammadiyah Pekanbaru  yang saat ini merupakan bagian dari Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau. Akper Muhammadiyah   didirikan sejak tahun 1994. berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK. 00.0601.1.3055, tanggal 17 Juli 1994 .

Adapun landasan pendirian dari Akper Muhammadiyah pada awalnya adalah sejalan dengan usaha Pemerintah Riau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesehatan penduduk. Sehingga dengan demikian terlahir para perawat professional yang berakhlak islami dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada masyarakat  sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Riau.

Visi

Menjadikan Program Studi D.III KEPERAWATAN  sebagai suatu lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan sumber daya yang menguasai IPTEK dengan berlandaskan kepada IMTAQ pada tahun 2030 .

Misi

  1. Mewujudkan keunggulan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasiskan pada ilmu keperawatan.
  2. Menguasai dan mampu memanfaatkan Ilmu-ilmu D.III KEPERAWATAN dalam setiap kegiatan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Aktif menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilandasi oleh moral dan semangat Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  4. Aktif menciptakan iklim yang kondusif dalam menumbuh-kembangkan budaya mutu, pengembangan bidang Ilmu D.III KEPERAWATAN serta penerapan IMTAQ Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan akademik dan luar akademik.

Tujuan

  1. Menyiapkan mahasiswa Program studi D.III KEPERAWATAN menjadi sarjana yang islami dalam penguasaan kemampuan akademik di bidang D.III KEPERAWATAN yang profesional, bermarwah dan bermartabat yang mampu beramaliah dalam keilmuannya guna mewujudkan masyarakat yang madani dalam naungan keridhoan Allah SWT.
  2. Mengamalkan, mengembangkan, keilmuan di bidang keperawatan yang berbudaya islami dalam rangka memajukkan peradaban dan kesejahteraan umat manusia.