Program Studi Teknik Otomotif (D3)

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Otomotif (D3) dahulunya bernama Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) Pekanbaru sebelum bergabung dengan Fakultas Teknik Universitas Muhammmadiyah Riau yang juga sebagai cikal bakal dibentuknya Fakultas Teknik. ATOM didirikan dengan SK Mendikbud RI tahun 1993 untuk jenjang Diploma III (D III) dengan SK No. 90/D/O/1993. ATOM adalah satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan program otomotif di Sumatera.

Keberadaan ATOM Pekanbaru adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang Teknik Otomotif, seiring dengan perkembangan teknologi otomotif yang meningkat pesat. Sebahagian besar alumi ATOM telah bekerja di berbagai bidang seperti, dosen, kontraktor, karyawan di berbagai perusahaan, pengusaha serta sebagian melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi.

Seiring dengan perkembangannya, ATOM menjadi cikal bakal terbentuknya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau sehingga keberadaannya berubah menjadi program studi Teknik Otomotif D3 dengan SK peleburan dari akademi menjadi Universitas adalah dari Mendiknas RI dengan No. 94/D/O/2008 tertanggal 5 Juni 2008. Pada tanggal 23 – 25 April 2009, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Dirjen Dikti RI telah melakukan visitasi terhadap program studi Teknik Otomotif D3 dalam rangka proses Akreditasi. Sehingga diharapkan dengan telah melalui proses akreditasi, nantinya program studi Teknik Otomotif D3 semakin maju dan berkembang.

Visi

Prodi. Teknik Otomotif D3 sebagai lembaga Perguruan Tinggi Muhammadiyah Riau yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang bermutu unggul dalam keimanan dan ketakwaan, berkepribadian mandiri, profesional, dan bertanggungjawab serta produktif, sehat jasmani dan rohani serta mampu memberikan pelayanan berdasarkan pengetahuan, teknologi dan ilmiah.

Misi

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki nilai-nilai akademik dan profesional yang dapat menerapkan da mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang manajemen.
  2. Membekali peserta didik cara berfikir sistematis dan logis untuk mengembangkan dan mengaalkan ilmu pengetahuan di bidang manajemen.
  3. Menyiapkan peserta didik yang memiliki semangat kepahlawanan dan mampu bersaing di era globalisasi.

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, keunggulan akademik dan profesional menurut pendekatan MMT untuk dapat menerapkan, mengembangkan lmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional serta peradaban manusia.
  3. Mendukung pembagunan masyarakat masani yang demokratis dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri.
  4. Mencapai keunggulan yang kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas otonomi pengelolaan yang profesional.
  5. Mampu menerapkan IPTEK dan sesuai dengan potensi alamiah di lingkungannya.