Program Studi Teknik Mesin (S1)

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Mesin merupakan program studi baru hasil pembentukan dari Universitas Muhammadiyah Riau sebagaimana ditetapkan dalam SK Menteri Pendidikan Nasional No.90/D/2008 yang memiliki 5 (lima) Fakultas, satu diantaranya adalah Fakultas Teknik dimana bernaungnya Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik menyelenggarakan program pendidikan Sarjana dan Diploma 3 dalam bidang : a) Teknik Mesin (S1), b) Teknik Industri (S1) dan c) Teknik Otomotif (D3).

Meskipun Program Studi Teknik Mesin secara resmi baru berdiri pada tahun 2008, program studi yang diselenggarakan mempunyai sejarah yang panjang. Semuanya berawal dari dibentuknya Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) yang memiliki Jurusan D3 Teknik Otomotif. Dalam perjalanannya, kemudian Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) bergabung dengan Akademi-akademi di bawah Pengurus Muhammadiyah membentuk sebuah Universitas yang juga berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Dengan tuntutan perkembangan industri dan tinjauan lapangan pekerjaan disekitar Provinsi Riau maka Program Studi Teknik Mesin membentuk bidang-bidang keahlian. Adapun bidang-bidang keahlian yang dimiliki Program Studi Teknik Mesin antara lain bidang keahlian Konversi Energi, Teknik Material dan Teknik Otomotif melalui berbagai kuliah pilihan yang ditawarkan.

Visi

Program Studi Teknik Mesin sebagai pusat penghasil engineer yang menguasai IPTEKS dan memiliki IMTAQ serta mampu bersaing di dunia industri dan berdaya guna dimasyarakat.

Misi

  1. Mempersiapkan lulusan dengan kompetensi dan profesionalisme yang tinggi dan mampu menerapkan di dunia industri.
  2. Membentuk lulusan yang berakhlak mulia, bermarwah dan bermartabat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengisi dan menciptakan lapangan kerja dalam bidang teknik mesin dengan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan pembangunan nasional.
  4. Melibatkan stakeholder dalam meningkatkan, menentukan arah dan mutu lulusan serta mutu pengajaran.
  5. Melaksanakan penelitian dan karya ilmiah bidang teknik mesin yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  6. Melaksanakan pengabdian yang berorientasi pada masyarakat dan industri sebagai bentuk peran serta dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki dasar moral, iman dan taqwa serta profesionalisme dengan kompetensi dengan daya saing yang tinggi di masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar teknik mesin dan mampu menyesuaikan dan mengembangkan diri terhadap kemajuan teknologi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan dan mengisi lapangan kerja dalam bidang teknik mesin dengan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan pembangunan nasional.
  4. Menghasilkan karya ilmiah bidang teknik mesin yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  5. Menghasilkan karya inovatif yang memilikki keunggulan di bidang teknik mesin yang dapat diandalkan di regional, nasional dan internasional serta memperoleh hak intelektual.
  6. Menghasilkan sistem penyelenggaraan pendidikan teknik mesin yang efisien.