LKTM UI 2012

LATAR BELAKANG

Laut selain menyimpan potensi hayati, juga menyimpan potensi nir-hayati (fisik) yang sangat besar. Kekayaan nir hayati ini diantaranya energi yang bisa dihasilkan baik dari arus air laut, pasang surut, gelombang maupun energi thermalnya. Ini adalah potensi energi terbesar kita. Wilayah laut kita yang mencapai 5,8 juta m2, menyimpan kekayaan energi yang luar biasa dan tidak akan pernah punah.

Peranan laut sebagai sumber energi terbarukan (renewable resources) saat ini sangat dibutuhkan. Pemanfaatan sumber energi konvensional, seperti minyak, gas alam cair, dan batu bara selama ini terbukti selain menyebabkan masalah berupa dampak lingkungan yang diakibatkannya seperti efek rumah kaca, global warming, akan tetapi juga cadangan sumber dayanya yang semakin hari semakin menyusut. Bisa dibayangkan jika kita tidak bersiap-siap sejak dini dengan mencari sumber energi alternatif, tentunya kita akan sangat menghambat mobilitas bila cadangan sumber energi konvensional kita telah habis.

Saat ini, diperlukan road map yang jelas untuk mengarah pada pemanfaatan energi alternatif  (diferfikasi)  salah satunya  menggunakan  sumber energi  kelautan sebagai  sumber energi bangsa ini. Ini adalah tantangan besar untuk bangsa ini, apalagi harga minyak dunia yang semakin melambung tinggi  menambah  beban  APBN  setiap  tahunnya.

Oleh karena itu, pewujudan terjaminnya penyediaan energi untuk kepentingan  nasional  melalui  upaya  peningkatan  nilai  tambah  sumber  energi,  khususnya sumber energi kelautan dapat menjamin ketersediaan energi domestik melalui pengelolaan energi secara etis dan berkelanjutan. Hal ini dikarenakan sumber daya energi sangat menentukan maju dan mundurnya ekonomi suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu memanfaatkan sumber-sumber energinya dengan sebaik mungkin karena energi itu adalah nadi dan denyut perekonomian suatu bangsa. Jika kita memulainya sekarang, dimasa mendatang kita tidak akan mengalami ketergantungan energi lagi dengan negara lain.

TEMA KEGIATAN
“Pengembangan Teknologi Kelautan sebagai Upaya Optimalisasi Peranan dan Pemberdayaan Sumber Energi Kelautan Terbarukan Guna Memenuhi Kebutuhan Energi Nasional menuju Kemandirian Indonesia.”

PERSYARATAN PESERTA LOMBA

  • Peserta lomba merupakan sivitas akademika yang terdaftar secara sah sebagai mahasiswa program Diploma ataupun  Strata- 1 di perguruan tinggi se-Indonesia dan dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda/identitas mahasiswa dan surat/bukti/keterangan lain tentang status aktif akademik semester berjalan.
  • Mahasiswa  pengusul  dapat    berasal  dari  berbagai  program  studi/jurusan/fakultas  yang berbeda  atau dari  satu  program  studi/jurusan/fakultas  yang  sama,  namun  masih  dalam satu perguruan tinggi yang sama.
  • Peserta bisa merupakan perorangan ataupun kelompok, yang terdiri atas 3 sampai 5 orang setiap kelompok. Setiap tim hanya diperbolehkan mengirim 1 buah karya tulis yang akan dilombakan.
  • Peserta  Lomba  Karya  Tulis  Mahasiswa  Mechanical  Fair  2012  diperkenankan  untuk mengikuti lomba selain LKTM dalam rangkaian lomba Mechanical Fair UI 2012.
  • Setiap judul karya tulis yang dikirimkan setidaknya harus diketahui oleh satu orang dosen pembimbing.
  • Karya tulis merupakan karya asli penulisan (orisinalitas) dan belum pernah diikutsertakan dan menjadi  pemenang dalam lomba karya tulis apapun.
  • Peserta lomba yang mendaftar akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00/tim.

MEKANISME PENDAFTARAN

  • Pendaftaran peserta lomba hanya dapat dilakukan dalam periode pendaftaran. Pendaftaran akan dibuka bulan November hingga 22 Januari 2012. Berikut adalah mekanisme pendaftaran peserta lomba LKTM Mechanical Fair UI 2012 sebagai berikut.
  • Mengunduh Formulir pendaftaran. Formulir wajib diisi dan dikirim melalui e-mail: lktm_mechanicalfairui2012@yahoo.com hingga batas terakhir pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00/tim. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke:
    • No. Rekening                    : 1570003157915
    • Kantor Cabang                 : Bank Mandiri KCP UI Depok
    • Atas Nama                         : Ikatan Mahasiswa Mesin
  • Peserta  yang  sudah  mengirimkan  biaya  pendaftaran,  wajib mengirimkan scan tanda bukti pembayaran melalui e-maillktm_mechanicalfairui2012@yahoo.com dan mengonfirmasi panitia melalui SMS (Short Message Service) dengan mengetik format: Nama Pengirim_Atas Nama Rekening_Kantor Cabang Bank_No. Rekening Pengirim_Perguruan Tinggi_Tanggal dan Waktu Mentransfer_Nominal Transfer. SMS dikirim kepada Ranggi Sahmura (+62857 1980 9977) maksimal hinggal batas pembayaran berakhir. Apabila peserta pendaftar tidak mengonfirmasi pembayaran, peserta tidak akan kami tindak lanjuti/dihilangkan dari daftar peserta. Bukti pembayaran harus disertakan pada pengiriman karya tulis.
  • Setelah melakukan konfirmasi, maka peserta telah terdaftar sebagai peserta resmi Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Mechanical Fair UI 2012. Proses pendaftaran peserta dapat digambarkan melalui alur berikut.

TIMELINE* PENTING SEPUTAR LOMBA
Berikut adalah beberapa tanggal penting seputar Lomba LKTM Mechanical Fair UI 2012.

  • Periode pendaftaran dan pengembalian formulir dibuka hingga tanggal 22 Januari 2012.
  • Periode pembayaran dibuka hingga tanggal 28 Januari 2012.
  • Periode pengumpulan karya tulis hingga tanggal 6 Februari 2012.
  • Proses penjurian awal akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 15 Februari 2012.
  • Pengumuman peserta finalis akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2012.
  • Perbaikan proposal finalis hingga tanggal 28 Februari 2012.
  • Technical meeting peserta finalis akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2012.
  • Presentasi finalis dan penjurian final akan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2012.
  • Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan ketika penutupan acara Mechanical Fair UI 2012, yakni pada tanggal 2 Maret 2012
  • *) Tanggal yang tertera dalam timeline dapat berubah sesuai kebijakan panitia dan seluruh update informasi dan perubahan yang dilakukan dapat diakses melalui website : http://www.mechfairui.com

PENGHARGAAN
Juara I : Rp3.000.000,00 + Thropy + Piagam Penghargaan + Bingkisan
Juara II : Rp2.000.000,00 + Thropy + Piagam Penghargaan + Bingkisan
Juara III : Rp1.000.000,00 + Thropy + Piagam Penghargaan + Bingkisan

PEDOMAN LOMBA
Pedoman Lomba Karya Tulis Mahasiswa Mechanical Fair Universitas Indonesia 2012 dapat di unduh pada alamat web panitia.

Contact Person
Ali Abdurrahman Sungkar FT   085691303539
M. Dz. Habibullah                FT   085274710506

Sumber : http://mechfairui.com