Debat Terbuka Hari AIDS se-Dunia

Debat Mahasiswa UMRIPeringatan hari AIDS sedunia diperingati dengan berbagai cara oleh banyak kalangan, salah satunya seperti yang diadakan oleh PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) bekerjasama dengan PIKMA ( Pusat Informasi Konseling Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Riau. Acara yang bertemakan “ Zero new HIV invection, Zero discrimination, Zero AIDS related deaths” diadakan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Riau, Minggu (4/12).

Rangkaian acara diisi dengan berbagai perlombaan seperti lomba debat terbuka, lomba penyuluhan,dan lomba poster, yang diikuti oleh peserta remaja dari pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa.  Seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara, hal ini terbukti ketika diadakan debat terbuka para peserta silih berganti menyampaikan argument mereka tentang HIV AIDS. Salah satu peserta saat diwawancarai mengatakan, acara ini sangat positif untuk kalangan remaja karena pergaulan bebas begitu marak dikalangan remaja sehingga pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, dan remaja dapat lebih peduli terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Ketua PKBI Helmi Yardi mengatakan “acara ini diadakan sejak tahun 2000 dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, dan setiap tahun mengalami  peningkatan peserta yang tentunya sangat diharapkan untuk dapat menigkatkan pengetahuan tentang HIV ADIS  dan dapat memberikan pemerataan informasi pada remaja lainnya”. Tahun ini UMRI terpilih menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan acara, pada gilirannya UMRI mampu untuk melaksanakan kegiatan ini dengan cukup sukses dan dapat menjadi lompatan tersendiri walaupun PIKMA UMRI baru berdiri selama satu bulan. (HUMAS)