(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Sociopreneur Competition ITB FAIR

ITB-FAIRSociopreneur Competition merupakan salah satu rangkaian acara ITB Fair 2012 yang menjadi perwujudan komprehensif dalam penularan semangat berkarya melalui jiwa kewirausahaan sosial. Sociopreneur Competition adalah suatu kompetisi ide sociopreneurship (semacam business plan) bagi para mahasiswa/i sebagai wadah untuk menyalurkan ide dan inovasi dalam merancang dan membuat suatu bisnis yang betujuan untuk sosial. Tujuan dari acara ini yaitu sebagai sarana untuk meningkatkan semangat para mahasiswa/i dalam memberdayakan potensi-potensi yang ada di masyarakat dan hasil nya akan ditujukan untuk masyarakat itu sendiri.

Pada kompetisi ini, memberdayakan potensi-potensi yang ada dimasyarakat itu dilakukan dengan cara membuat dan mengembangkan ide bisnis dari para mahasiswa dan kemudian merealisasikannya. Inovasi, pengembangan karya dan berkompetisi merupakan elemen lain yang terkandung dalam acara ini, sehingga acara ini juga merupakan wadah untuk aktualisasi diri.

Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa D1, D2, D3, D4 dan S1 dengan tim yang maksimal terdiri dari 3 orang (boleh universitas berbeda) dari berbagai universitas seluruh Indonesia. Proses penjurian dalam kompetisi ini dilakukan langsung oleh akademisi dan social entrepreneur yang kompeten yang berasal dari berbagai bidang untuk menjamin penilaian terjaga dari unsur subjektifitas.

Sociopreneur Competition tidak mengelompokkan ide-ide mahasiswa menjadi kategori-kategori tertentu. Semua ide boleh diikutsertakan selama ide tersebut mempunyai dampak positif kepada ekonomi, sosial dan lingkungan, serta memperhatikan aspek-aspek normatif yang berlaku.

PESERTA

  • Satu tim terdiri dari maksimal 3 orang mahasiswa D1, D2, D3, D4 dan S1
  • Dalam satu tim terdiri dari maksimal 3 mahasiswa/i boleh berbeda jurusan dan berbeda universitas.
  • Anggota tim yang sudah terdaftar tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
  • Bersedia mengikuti seluruh proses kompetisi tanpa terkecuali
  • Peserta diwajibkan untuk registrasi via email di website www.itbfair2012.com/sociocomp paling lambat tanggal 5 Januari 2012.
  • Peserta maupun calon peserta diharapkan untuk mengunjungi website www.itbfair2012.com/sociocomp secara berkala untuk mengetahui info terkini dan tervalid mengenai Sociopreneur Competition ITBfair 2012.

PERSYARATAN IDE KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

  • Ide kewirausahaan sosial yang diperlombakan berupa karya mahasiswa untuk menyelesaikan masalah di masyarakat di bidang apapun dan sustainable.
  • Ide kewirausahaan sosial yang diperlombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker property, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
  • Ide kewirausahaan sosial yang diperlombakan merupakan ide bisnis start-up ( boleh baru berupa ide atau telah berjalan dengan batas maksimal satu tahun )
  • Ide kewirausahaan sosial yang diperlobakan belum pernah memenangkan lomba atau mendapatkan penghargaan apapun sebelumnya.
  • Proposal ide kewirausahaan sosial tersebut adalah karya orisinil dari peserta, bukan merupakan plagiarisme. Juri berhak membatalkan kemenangan peserta jika terbukti ada indikasi plagiarisme.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Sumber  : http://www.itbfair2012.com/sociocomp