UMRI Tuan Rumah Penyerahan Beasiswa Pegadaian Peduli Pendidikan

umri-beasiswa-pegadaianUniversitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dipercaya oleh Perum Pegadaian Wilayah II Pekanbaru sebagai tempat penyelenggaraan acara Penyerahan Beasiswa Pegadaian Peduli Pendidikan 2011/2012. Acara yang berlangsung pada tanggal 18 November 2011 ini, dilaksanakan di Auditorium UMRI Jl. KH Ahmad Dahlan 88, Pekanbaru. Hadir dalam acara tersebut Rektor UMRI, Prof. Dr.  H. Mohammad Diah Z, M.Ed. dan Pemimpin Wilayah Perum Pegadaian Wilayah II Pekanbaru, Syamsul Bahri, SH, MM.

Penyerahan beasiswa ini merupakan program tahun ketiga Perum Pegadaian Pekanbaru yang dimulai sejak tahun 2008 lalu. Pada tahun ini beasiswa tersebut diberikan kepada 125 siswa dan mahasiswa di Pekanbaru Riau dengan total beasiswa sebesar Rp. 343.500.000. Beasiswa tersebut berupa dana per bulan yang diberikan selama satu tahun dengan penyerahan per triwulan melalui lembaga baik sekolah maupun perguruan tinggi.

Beasiswa tingkat SMP diberikan kepada  4 sekolah dengan total 45 siswa yang masing-masing menerima Rp. 125.000/bln, tingkat SMA diberikan kepada 4 sekolah dengan total 40 siswa yang masing-masing menerima Rp. 200.000/bln, tingkat Diploma 3 (D3) diberikan pada 2 akademi dengan total 20 mahasiswa yang masing-masing menerima Rp. 300.00/bln, serta tingkat Strata 1 (S1) diberikan pada 2 universitas dengan total 20 mahasiswa yang masing-masing menerima Rp. 450.000/bln.

Selain mahasiswa UMRI, perguruan tinggi lain yang menerima beasiswa tersebut adalah Universitas Riau. UMRI diwakili oleh 10 mahasiswa yang merupakan dua orang perwakilan dari masing-masing fakultas. “Saya sangat bersyukur menerima beasiswa ini, apalagi beasiswa ini adalah beasiswa pertama yang saya terima selama kuliah di UMRI. Insya Allah dana ini akan saya pergunakan untuk keperluan kuliah saya”, ungkap Evri Yanis, salah satu penerima beasiswa dari Fasilkom UMRI yang ditemui usai acara berlangsung.

Perum Pegadaian Wilayah II Pekanbaru yang wilayahnya meliputi Riau Daratan, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat pada tahun ini menganggarkan total dana sekitar 2,5 M untuk misi sosial Perum Pegadaian. Ditemui  disela acara, Mery A. Surya, SH,MM, Asisten Manajer PKBL dan CSR Pegadaian Wilayah II Pekanbaru sekaligus Ketua Panitia Penyerahan Beasiswa menyatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan sosial lainnya demi mensosialisasikan Perum Pegadaian sebagai lembaga yang memiliki kepedulian sosial. “Beberapa kegiatan lainnya yang rutin dilaksanakan sebagai program CSR adalah program di bidang kesehatan, sarana prasarana, tanggap bencana alam dan bina lingkungan. Semoga semua bantuan sosial tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat”, tegas beliau.(hsn).