Bem UMRI Taja Pelatihan Kepemimpinan

logo uMRIPuluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan dan Organisasi II yang ditaja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada hari jum’at 12 November 2010. Kegiatan itu dibuka Wakil Rektor II Umri, Drs. H.M Rasyad Zen, MM.

Wakil Rektor II didaulat sebagai pembicara tunggal dalam seminar bertajuk membentuk karakter mahasiswa aktif, tanggap dan peduli sesuai dengan kaidah Islam.

Dalam pemaparannya, Rasyad mengatakan, setiap mahasiswa umri memiliki pribadi yang sama. Baik dikampung, di kota, di rumah, di kampus atau di tempat kerja, mahasiswa adalah orang yang membawa nilai-nilai islami.

Untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, mahasiswa harus ahli dibidangnya, dengan kemampuannya itu, mahasiswa bisa mengembangkan diri dan bermartbat bagi orang lain disekitarnya.

Kemampuan juga harus dibarengi dengan akhlak yang mulia. Sebagai pemimpin, seseorang harus menargetkan masuk surga. Tak hanya di akherat tapi juga di dunia. Dengan cara itu pulalah seseorang akan berusaha menjalankan kehidupannya sesuai kaidah islam.

Presiden mahasiswa Umri, Robert Satria menegaskan, kegiatan itu bertujuan menumbuhkan kembali minat mahasiswa berorganisasi. Kecendrungan selama ini, mahasiswa Umri lebih Apatis jika dilibatkan pada kegiatan-kegiatan organisasi. Baik di tingkat Fakultas maupun Universitas.

Munculnya sikap itu berawal dari ketidaktahuan mahasiswa tentang sistem organisasi. Serta kesibukan kuliah juga faktor yang mempengaruhi minat organisasi mahasiswa.

Pelatihan in i berlangsung hingga minggu 14 November 2010. Selama pelatihan dengan materi manajemen organisasi. Lalu ada juga pelatihan administrasi dan surat menyurat yang disampaikan oleh Sekum BEM, Eka Ramadani serta Leni Dayati. Peserta juga dilatih untuk mengetahui kriteria pemimpin yang baik dalam islam serta tata tertib persidangan. Dihari terahir, dilakukan Outbond kepemimpin dengan bimbingan Dosen Ilmu Komunikasi, Hari Yogsunandar, SIP. Humas