PERSMA TAJA PELATIHAN JURNALISTIK TINGKAT DASAR

Pers mahasiswa (Persma) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar, ini langkah awal  pembinaan dan rekrutmen wartawan baru untuk pengembangan tabloid kampus (Aksara), pelatihan ini diikuti sebanyak 19 mahasiswa yang dilaksanakan di Auditorium Umri minggu  (10/4).

Pimpinan Umum Tabloid Aksara, M.Sultan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan calon reporter untuk tabloid kampus yang dikelolanya. “Setelah diberikan pelatihan mereka akan magang selama tiga bulan dan yang berkompeten akan masuk ke dalam jajaran redaksi” ujarnya.

Tabloid Aksara di launching pada 24 Maret 2011 lalu. Pelatihan jurnalistik dasar yang  perdanan ini bersampena dengan pembukaan Semarak Komunikasi ke-3, ucapnya.
Peserta yang ikut dalam pelatihan ini, berasal dari berbagai fakultas yang ada di Umri, dari lima fakultas dan tiga belas program studi. Peserta yang ikut dalam pelatihan ini sebagaian besar dari Fakultas Komunikasi.

Peserta yang ikut dalam pelatiahan ini, mendapatkan bekal pengetahuan dasar jurnalisme dari dua pemateri yaitu Aidil Haris, S.Sos., M.Si, Wakil Dekan komunikasi Umri, sekaligus dosen Umri dan dosen Komunikasi Eka Putra ST, M.Si.

Menurut Aidil, Pers di kalangan mahasiswa merupakan langkah awal dalam memasuki dunia jurnalisme yang lebih luas.

“Pers mahasiswa bersifat militansi yang tinggi dan punya wawasan bagus. Banyak keuntungan bergabung dengan pers mahasiswa, membentuk idealisme yang kuat ditambah lagi sifat militansi yang tinggi”, ujarnya. Humas