(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Kemenkominfo:INAICTA 2011

INAICTA 2011Kembali untuk kali ke 5 ajang tahunan bergengsi, Indonesian Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2011 secara resmi di luncurkan. Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dimana kepanitiannya melibatkan peran serta para pemangku kepentingan (stakeholders) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari asosiasi, kalangan usaha, serta komunitas TIK di Indonesia, tahun ini akan mengangkat tema “Peran Kreatifitas Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional‟.

INAICTA 2011 diselenggarakan untuk mendorong dan menggali potensi dan kreativitas anak bangsa di bidang TIK sehingga menghasilkan produk dan jasa TIK yang berkualitas, memiliki daya saing dan nilai juang ke pasar domestik, regional dan internasional.

Unsur kreatifitas dalam bidang TIK yang dapat dibangun pada semua komponen bangsa, diarahkan untuk berperan dalam memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia sehingga secara aktif dapat memberikan sumbangan dalam menciptakan kemakmuran bangsa.

Melihat semakin pesatnya pertumbuhan komunitas TIK di Indonesia yang berasal dari industri, asosiasi, akademisi, pemerintah, bahkan individu, merupakan potensi besar yang harus memiliki wadah untuk mengapresiasikan dan juga mewujudkan kreatifitas di bidang TIK secara nyata dalam berbagai produk yang memiliki nilai jual, siap masuk pasar (market) dan berkualitas.

Maka acara berskala nasional ini adalah media yang tepat yang dimiliki seluruh komponen bangsa sehingga seluruh pihak yang berkepentingan selayaknya mengambil peran dalam keseluruhan rangkaian proses pemberdayaan dan pemanfaatan TIK di seluruh mata rantai industri dan merasuk dalam menjadi bagian dari gaya hidup.

Melalui rangkaian kegiatan INAICTA 2011, diharapkan adanya eksposur signifikan terhadap karya-karyan terbaik anak bangsa, dan melalui kepesertaan mereka dalam INAICTA, diharapkan mereka dapat dikenal luas oleh masyarakat pada umumnya dan calon pengguna di industri yang membutuhkannya baik lokal maupun internasional.

Acara yang terangkai dalam INAICTA 2011 adalah perlombaan karya cipta kreativitas digital dan inovasi di bidang TIK, Konferensi, Workshop dan Eksibisi, Kompetisi Game dan Robot, serta Business Matchmaking Program (BMP).

Puncak acaranya akan ditutup dengan penganugerahan penghargaan yang dijadwalkan akan dilangsungkan 4 dan 5 Oktober 2011 bertempat di Jakarta Convention Centre.

Perlombaan karya cipta kreativitas dan Inovasi di bidang TIK ini dibagi dalam 2 (dua) kelompok peserta dari 28 (dua puluh delapan) kategori penghargaan. Kelompok peserta tersebut dibagi menjadi kelompok Student, terdiri dari siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi diIndonesia; dan kelompok Professional yang dapat berasal dari kalangan umum, semua perusahaan yang berbadan hukum indonesia, semua lembaga pemerintah, dan semua lembaga pendidikan dan lembaga riset baik pemerintah maupun non pemerintah.

Peluncuran INAICTA 2011 hari ini juga sekaligus menandai dibukanya pendaftaran untuk keikutsertaan dalam lomba karya cipta TIK ini. Para peserta dapat mulai mendaftar secara online di situs resmi INAICTA 2011 (www.inaicta.web.id) mulai tanggal 26 April 2011 dan penutupan pendaftaran pada tanggal 17 Juli 2011.

Selanjutnya, pemenang dari INAICTA 2010 juga akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA), World Summit Award (WSA), atau BETT Award.

Kategori yang menarik untuk diikuti diantaranya Mobile application yang meliputi Mobile games, dan Mobile Apps & Advertising, Digital Content meliputi Audio digital dan Digital Animation dan juga yang tak kalah menarik adalah Video Games.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan acara puncak INAICTA 2010 ini, pengunjung dan komunitas TIK tanah air dapat mengikuti berbagai seminar mengenai dengan Tema : From Creativity and Innovation to Market Success & Success Story in Navigating the Indonesia Digital Creativity Supply Chain yang akan menghadirkan pembicara pembicara dari Microsoft, Ericsson, Cisco, Oracle, perusahaan perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Ventura/ Perbankan, Yahoo! Indonesia, Media Nasional dan para para inovator sukses tentunya. Serangkaian kegiatan workshop yang akan diselenggarkan juga dapat menambah pengetahuan insan TIK adalah Workshop mengenai Games, Animasi dan Application rencananya akan menghadirkan, UK Game Developer, Jane McGonical, Koprol, Nokia, Infinite Frameworks, Logika Interaktif, Agate Studio dan lain lain.

Sumber : http://www.inaicta.web.id